Musik Lagu Lengkap Tentang Sam Smith

Tentang Sam Smith

Samuel Frederick Smith (lahir 19 Mei 1992) adalah penyanyi dan penulis lagu Inggris. Dia naik ke ketenaran pada Oktober 2012 ketika dia tampil di single terobosan Disclosure “Latch”, yang memuncak pada nomor sebelas di UK Singles Chart. Fitur berikutnya — pada Naughty Boy “La La La” —memperolehnya singel nomor satu pertamanya pada bulan Mei 2013. Pada bulan Desember 2013, ia dinominasikan untuk Penghargaan Pilihan Critics Brit ‘2014 dan polling Suara BBC 2014,  keduanya dimenangkannya.

Karier

Pra-Debut 2007 – 2019

Dia merilis album studio debutnya, In the Lonely Hour, pada Mei 2014 di Capitol Records UK. Single utama, “Lay Me Down”, dirilis sebelum “La La La”. Single kedua, “Money on My Mind”, menjadi single kedua nomor satu di Inggris.  Single ketiga album, “Stay with Me”, adalah sukses internasional, mencapai nomor satu di Inggris dan nomor dua di US Billboard Hot 100, sedangkan single keempat “I’m Not the Only One” mencapai lima besar di kedua negara. Single kelima, “Like I Can”, mencapai nomor sembilan di Inggris. Dia membuat debut Amerika Serikat pada Late Night dengan Jimmy Fallon, diikuti oleh penampilan pada Saturday Night Live pada Maret 2014.

Pada bulan Desember 2014, Smith dinominasikan untuk enam Grammy Awards, dan pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-57 pada Februari 2015 ia memenangkan empat: Artis Baru Terbaik, “Stay with Me” untuk Record of the Year dan Song of the Year, dan In the Lonely Jam untuk Album Vokal Pop Terbaik. Pada 2015 Brit Awards, dia memenangkan penghargaan untuk British Breakthrough Act dan Global Success. Pada Penghargaan Musik Billboard 2015, Smith menerima tiga Penghargaan Billboard: Artis Pria Top, Artis Baru Top, dan Artis Lagu Radio Top.  Prestasi musiknya juga membuatnya disebut dua kali di Guinness World Records.

Untuk lagu miliknya dan Jimmy Napes “Writing’s on the Wall”, tema untuk film James Bond Specter (2015), Smith memenangkan Golden Globe Award dan Academy Award untuk Best Original Song. Album studio keduanya, The Thrill of It All, dirilis pada November 2017, dan debut di atas UK Albums Chart dan US Billboard 200. Single utama, “Too Good at Goodbyes”, mencapai nomor satu di Inggris dan Australia dan nomor empat di AS

Masa muda
Samuel Frederick Smith lahir pada 19 Mei 1992  di London, putra Frederick Smith dan broker Kate Cassidy.  Dia adalah seorang alumni Youth Music Theatre UK dan muncul dalam produksi 2007 mereka Oh! Carol, musikal yang menampilkan musik Neil Sedaka.  Sebelum memasuki teater musikal, Smith pernah berada di band-band jazz.  Selama beberapa tahun ia belajar menyanyi dan menulis lagu di bawah pianis jazz Joanna Eden.  Dia bersekolah di Sekolah Katolik St Mary di Bishop’s Stortford.  Dia adalah anggota Junior Operatics Stortford Bishop (sekarang Bishops Stortford Musical Theatre Society) dan Cantate Youth Choir.

Karier musik
2012–2013: Terobosan
Smith tampil di lagu Disclosure “Latch”, yang dirilis pada 8 Oktober 2012 dan memuncak di No. 11 di UK Singles Chart. Pada Februari 2013, ia merilis single pertama dari album debutnya, “Lay Me Down”. Dia juga tampil di single Naughty Boy “La La La”. Album ini dirilis pada 19 Mei 2013 dan memuncak pada No. 1 di UK Singles Chart. Pada tahun yang sama, ia merilis EP Nirvana pertamanya yang terdiri dari empat lagu. Lagu pertama di EP berjudul, “Safe with Me”, diproduksi oleh Two Inch Punch dan tayang perdana di acara BBC Radio 1Xtra MistaJam pada 24 Juli 2013.  Lagu kedua di EP berjudul “Nirvana” dan diproduksi oleh Craze & Hoax dan Jonathan Creek. EP juga mencakup versi solo akustik Smith “Latch” dan versi langsung dari “I’m Told You Now”. Smith merilis kolaborasi Disclosure, Nile Rodgers, dan Jimmy Napes “Together” pada tanggal 25 November 2013 sebagai satu-satunya single dari Settle: The Remixes.

2014–2016: Dalam Kesepian yang Sepi dan kesuksesan internasional

Single kedua dari album debutnya, berjudul “Money on My Mind”, dirilis pada 16 Februari 2014. Diumumkan pada 16 Desember bahwa album studio debut Smith berjudul In the Lonely Hour akan dirilis pada 26 Mei 2014 melalui Capitol Records.  Dia menggambarkan album itu sebagai “semua tentang cinta yang tak berbalas” karena dia tidak pernah dicintai oleh minat cintanya.  Album ini mencapai nomor satu di UK Albums Chart dan nomor dua di Billboard 200, dan pada 5 November itu telah menjadi album penjualan terbesar kedua 2014 di AS setelah 1989 oleh Taylor Swift.  Pada Januari 2015, In the Lonely Hour dinobatkan sebagai album terlaris kedua tahun 2014 di Inggris, di belakang x oleh Ed Sheeran.  Versi langsung dari lagu album “I’m Told You Now”, dilakukan di Gereja Tua St Pancras, tersedia untuk diunduh gratis sebagai bagian dari promosi Amazon.com pada 27 Desember 2013.  Lagu album “Make It To Me”, ditulis bersama oleh Howard dari Disclosure dan Jimmy Napes, tersedia untuk diunduh gratis sebagai bagian dari promosi iTunes Store pada 13 Januari 2014.  Smith melanjutkan tur pertamanya di Amerika pada musim semi 2014, dengan daftar materi utama yang baru.

Pada 20 Januari 2014, Smith membuat debut televisi Amerika-nya melakukan “Latch” dengan Disclosure on Late Night dengan Jimmy Fallon. Dia juga tampil di Saturday Night Live pada 29 Maret 2014, membawakan “Stay with Me” yang bertema Injil dan versi akustik “Lay Me Down”.  “Stay with Me” mencapai nomor satu di UK Singles Chart dan nomor dua di US Billboard Hot 100.  Single keempat dari album, “I’m Not the Only One”, mencapai nomor tiga di Inggris dan nomor lima di AS.

Pada Juni 2014, Smith pertama kali muncul di sampul The Fader dalam edisi ke-92.  Pada Agustus 2014, single Smith “Stay with Me” dinamai Variance Magazine’s Song of Summer.  Smith menampilkan “Stay With Me” secara langsung di MTV Video Music Awards 2014 pada 24 Agustus di The Forum in Inglewood, California.  Pada 15 November 2014, Smith bergabung dengan grup amal Band Aid 30 bersama dengan artis pop Inggris dan Irlandia lainnya, merekam versi terbaru dari lagu “Do They Know It’s Christmas?” di Sarm West Studios di Notting Hill, London, untuk mengumpulkan uang untuk krisis Ebola 2014 di Afrika Barat.

Pada 2015, terungkap bahwa penyanyi Tom Petty, mencatat kesamaan antara “Stay with Me” dan lagu hit 1989-nya “I Won’t Back Down”, telah menegosiasikan penyelesaian di luar pengadilan dengan Smith pada Oktober 2014. Petty dan co-komposer Jeff Lynne dianugerahi 12,5% dari royalti dari “Stay with Me”, dan nama-nama Petty dan Lynne bergabung dengan James John Napier (dikenal secara profesional sebagai Jimmy Napes) dalam kredit lagu ASCAP.  Pada Grammy Awards ke-57 Tahunan, yang diadakan pada 8 Februari 2015, di Staples Center di Los Angeles, Smith menampilkan “Stay with Me” dan juga menerima empat Grammy Awards: Artis Baru Terbaik, Rekor Terbaik Tahun ini dan Lagu Terbaik Tahun Ini (untuk “Stay with Me”) dan Album Vokal Pop Terbaik (untuk In the Lonely Hour).  Pada 2015 Penghargaan Brit yang diadakan di The O2 Arena di London pada tanggal 25 Februari, Smith menampilkan “Lay Me Down”, dan memenangkan Penghargaan Brit untuk Undang-undang Terobosan Inggris, dan Keberhasilan Global

Pada bulan Maret 2015, “Lay Me Down” dirilis ulang sebagai single keenam dari album, memuncak pada nomor 8 di Billboard Hot 100 (ketiga top 10 AS Smith). Pada bulan yang sama, Smith merekam versi lain dari lagu tersebut, menampilkan John Legend, untuk telepon amal Inggris Comic Relief, yang mencapai nomor satu di Inggris.  Pada Penghargaan Musik Billboard 2015 pada tanggal 17 Mei, Smith menerima tiga Penghargaan Billboard: Artis Pria Top, Artis Baru Top, dan Artis Lagu Radio Top.  Fitur Smith pada single Disclosure “Omen” yang dirilis pada 27 Juli 2015.

Pada 8 September 2015, Smith mengkonfirmasi bahwa dia dan Jimmy Napes telah menulis “Writing’s on the Wall”, lagu tema untuk Specter, film James Bond ke-24.  Lagu ini dirilis pada 25 September 2015 dan menjadi tema James Bond pertama yang mencapai nomor satu di Inggris.  Pada tanggal 19 Oktober, Smith diberi dua Guinness World Records — satu untuk merekam lagu tema James Bond pertama yang menjadi nomor satu di Inggris, dan satu lagi untuk mencetak minggu paling berturut-turut di top 10 Inggris dengan album debut (In the Lonely Hour).  Pada Golden Globe Awards ke-73 pada 10 Januari 2016, Smith menerima Penghargaan untuk Lagu Asli Terbaik untuk “Writing’s on the Wall”.  Pada 14 Januari, lagu itu mendapatkan nominasi Academy Award Smith untuk Best Original Song.  Dalam nominasi untuk Brit Awards 2016 yang diumumkan pada tanggal 14 Januari, lagu tersebut adalah salah satu nominasi untuk Best British Video.  Smith menampilkan “Writing’s on the Wall” di Academy Awards pada 28 Februari dan, bersama dengan Napes, mengumpulkan hadiah untuk Best Original Song.  Dalam pidato penerimaannya, Smith mereferensikan sebuah artikel oleh Ian McKellen yang diterbitkan sebelum upacara penghargaan yang menyatakan bahwa tidak ada pria gay yang secara terbuka memenangkan Oscar untuk Aktor Terbaik; dia salah mengutip McKellen yang mengatakan bahwa tidak ada lelaki gay pada umumnya yang memenangkan Oscar. Ini dengan cepat didiskreditkan oleh penerima gay yang terbuka Dustin Lance Black, tetapi McKellen menyebutkan bahwa kesalahan itu “tidak mengurangi” dari pencapaian Smith.

2016 – sekarang: The Thrill of It All
Sepanjang 2016, Smith merilis rekaman dirinya di studio mengerjakan musik baru, yang mengarah ke rilis album studio keduanya. Pada akhir 2016, ia dikatakan bekerja dengan Adam Lambert pada materi baru. Pada awal 2017, dilaporkan bahwa Smith akan merilis album keduanya pada bulan September 2017 dan telah direkam dengan kolaborator konstan Jimmy Napes dan Naughty Boy. Pada April 2017, ia dikatakan berada di sesi studio dengan grup crossover klasik Clean Bandit, mengerjakan kemungkinan “comeback single”. Seiring dengan grup, produser rekaman Timbaland dan musisi Frances mengatakan mereka telah mengerjakan lagu untuk album mendatangnya.

Pada 8 September 2017, Smith merilis single baru berjudul “Too Good at Goodbyes”,  yang memulai debutnya di nomor satu di Inggris dan nomor lima di US Billboard Hot 100.  Album studio keduanya, The Thrill of It All, memulai debutnya di atas UK Albums Chart dan US Billboard 200, menjadi album nomor satu pertamanya di AS.  Pada 20 Maret 2018, Smith memulai The Thrill of It All Tour, penyihir mengunjungi Eropa, Amerika Utara, Asia, Selandia Baru, dan Australia. Pada 27 Maret 2018, ia merilis “Pray” yang menampilkan rapper Amerika Logic. Pada 17 Agustus 2018, penyanyi ini berkolaborasi sebagai vokalis utama di lagu baru Calvin Harris “Promises”.  Lagu ini menjadi lagu hit ketujuh Smith yang pertama di UK Singles Chart dan lagu top pertamanya di tangga lagu Dance / Mix Show Airplay

Pengaruh
Adele
Amy Winehouse
Adele (kiri) dan Amy Winehouse (kanan) telah dikutip oleh Smith sebagai pengaruh utamanya
Smith mengutip Adele dan Amy Winehouse sebagai pengaruh utamanya.  Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone, Smith mengutip Whitney Houston dan Mariah Carey sebagai suara R&B terbesar. Penyanyi itu juga mencantumkan Chaka Khan, Christina Aguilera, Beyoncé, Brandy, dan Lady Gaga sebagai pengaruhnya. Smith berkata tentang kualitas diva dalam suaranya:

“Hanya itu yang aku dengarkan. Aku sebenarnya tidak mendengarkan vokalis laki-laki sampai sekitar dua tahun yang lalu. Aku hanya mendengarkan Whitney Houston, Chaka Khan. Suara besar-besaran.”

Dalam wawancara Oktober 2017 yang dilakukan oleh majalah Elton John for Attitude, Smith berbicara tentang dampak keberhasilan teman dekatnya Ed Sheeran. “Itu membuatmu memaksakan diri. Mengamatinya setahun terakhir ini sungguh luar biasa, tapi ya, tentu saja itu membuatku lapar.”

Kehidupan pribadi
Pada Mei 2014, Smith keluar ke publik sebagai gay. Dia mengakui hubungan – sejak berakhir – dengan aktor dan model Jonathan Zeizel.  Pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-57 ketika “Stay with Me” memenangkan penghargaan untuk Record of the Year, dia berkata, “Saya ingin berterima kasih kepada pria yang menjadi catatan rekor ini, yang saya jatuh cinta tahun lalu. Terima kasih banyak atas menghancurkan hati saya karena Anda punya saya empat Grammy! ” Pada tahun 2017, ia menyatakan album terbarunya, The Thrill of It All, menunjukkan” cowok gay saya menjadi. ”

Smith adalah sepupu ketiga penyanyi Lily Allen dan aktor Alfie Allen.  Smith adalah ayah baptis dari teman dekat dan kolaborator putra Jimmy Napes, Jackson.

Pada Oktober 2017, Smith mengatakan pada publikasi LGBT, Sikap bahwa dia “[merasa] sama seperti seorang wanita sama seperti aku laki-laki”.  Smith juga mengakui memiliki sebagian besar pakaian wanita di masa mudanya dan mengenakan riasan wajah penuh saat bersekolah. Dia menggambarkan dirinya sebagai seorang feminis.

Sejak September 2017, Smith mengakui dalam sebuah wawancara di The Ellen DeGeneres Show bahwa dia sedang menjalin hubungan. Laporan media tabloid selebriti mengatakan Smith berpacaran dengan aktor Brandon Flynn. Pada Juni 2018, diumumkan bahwa Smith dan Flynn telah berpisah setelah sembilan bulan berpacaran

Pada bulan Oktober 2017, dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times, Smith keluar sebagai seorang pria dengan gender yang lebih tinggi, dengan menyatakan “Saya tidak tahu apa judulnya, tetapi saya merasa lebih banyak wanita daripada saya pria.” Dia juga menguraikan mengatakan bahwa dia tidak pernah mengklasifikasikan dirinya sebagai pria biasa, atau cisgender, dan bahkan membuka tentang masa lalunya, mengatakan “Orang tidak tahu ini, tetapi ketika saya berusia 17, saya ingat menjadi terobsesi dengan Boy George dan Marilyn Monroe, dan semua itu. Ada satu saat dalam hidupku di mana aku tidak memiliki pakaian laki-laki, sungguh. Aku akan memakai make-up penuh setiap hari di sekolah, bulu mata, legging dengan Dr. Martens dan mantel bulu besar , selama 2 setengah tahun.

Download

Download Lagu Tentang Sam Smith Disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up