Musik Lagu Lengkap Tentang BTS

Tentang BTS

Nama grup, BTS, merupakan singkatan dari ekspresi Korea Bangtan Sonyeondan, secara harfiah berarti “Bulletproof Boy Scouts”. Nama itu dikonseptualisasikan dengan pemikiran bahwa BTS akan memblokir stereotip, kritik, dan harapan yang menargetkan remaja seperti peluru dan melindungi nilai-nilai dan cita-cita remaja saat ini. Di Jepang, mereka dikenal sebagai Bōdan Shōnendan, yang diterjemahkan sama. Pada bulan Juli 2017, BTS menambahkan sebagai tambahan dari Bangtan Sonyeondan atau Bulletproof Boy Scouts, nama ini juga merupakan singkatan dari “Beyond the Scene” sebagai bagian dari identitas baru mereka. Tambahan nama mereka berarti “BTS merupakan orang muda yang tumbuh yang melampaui realitas yang mereka hadapi, dan maju.”

Karier BTS

BTS (RR: Bangtan Sonyeondan), juga dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boy band beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond the Scene pada bulan Juli 2017. Pada tanggal 12 Juni 2013, mereka membawakan lagu berjudul “No More Dream” dari album awal mereka 2 Cool 4 Skool yang mendukung debut mereka pada tanggal 13 Juni 2013. Mereka memenangkan penghargaan New Artist of the Year atas lagu “No More Dream”, termasuk di Melon Music Awards dan Golden Disc Awards 2013 dan Seoul Music Awards 2014. Mereka semakin menarik perhatian dengan album Dark & Wild (2014), The Most Beautiful Moment in Life, Part 2 (2015) dan The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever (2016), dengan dua album terakhir ini memasuki Billboard 200 AS. The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever memenangkan penghargaan Album of the Year di Melon Music Awards 2016.

Album penuh kedua mereka, Wings (2016), berada di nomor #26 di Billboard 200, yang membuat album dengan posisi tertinggi atas album K-pop. Di Korea Selatan, Wings menjadi album terlaris di sejarah Gaon Album Chart pada waktu itu.

Dikenal dengan pengikut yang besar di media sosial, BTS dimasukkan oleh Forbes sebagai artis yang cuitannya paling banyak dicuit kembali di Twitter pada bulan Maret 2016. Pada bulan Mei, Twitter meluncurkan emoji K-pop pertama, yang fitur bersama BTS. Dibulan Oktober, Billboard menempatkan BTS diposisi #1 di tangga lagu Social 50, membuat mereka menjadi grup Korea pertama yang memuncaki daftar ini. Juga di tahun 2016 mereka berada dalam YouTube’s Music Global Top 100: urutan 17 di posisi untuk video, 6 di posisi artis dan 14 di posisi lagu.  Pada bulan Mei 2017, mereka memenangkan penghargaan Top Social Artist di BillboardMusic Awards, menjadi grup Korea pertama yang memenangkan BBMA. Pada bulan Juni 2017, majalah Time menjadikan mereka sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di internet. Pada tanggal 20 November 2017, Guinness World Records mengungkapkan bahwa BTS mendapatkan sebuah rekor di edisi 2018 mereka sebagai “memiliki keterlibatan Twitter paling banyak di dunia sebagai grup musik”. Di bulan Desember tahun itu, diungkapkan mereka menjadi selebritas yang paling banyak dicuitkan pada tahun 2017, menjadi “yang paling banyak disukai atau dicuitkan lebih dari setengah milyar (502 juta)” diseluruh dunia. Pada tahun 2018, BTS berada di nomor satu di daftar Forbes Korea Power Celebrity, yang menempatkan selebritas paling kuat dan berpengaruh di Korea Selatan, dan juga menjadi artis termuda yang dianugerahi Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan. Dibulan September 2018, BTS memberikan sebuah pidato di United Nations sebagai duta dari UNICEF. Pada bulan Oktober 2018, BTS menjadi fitur di sampul majalah Time, dengan Time menyebut mereka sebagai ‘Pemimpin Generasi Berikutnya’.

Sejarah BTS

Audisi untuk boy band baru dimulai pada tahun 2010 dan 2011 oleh Big Hit Entertainment, dan peserta melewati beberapa tahap sebelum diumumkan dengan anggota Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook pada tahun 2012. Enam bulan sebelum debut mereka, mereka mulai menarik perhatian di berbagai situs media sosial, dan juga cover lagu di YouTube dan SoundCloud.

Bagian kedua dari “school trilogy” adalah extended play berjudul O!RUL8,2?, dirilis pada tanggal 11 September 2013, bersama dengan “N.O” sebagai singlenya. EP ini telah terjual 160,000 eksemplar sampai saat ini, termasuk 34,000 eksenplar di tahun rilisnya, dan berada di nomor empat. Dibulan yang sama, BTS membintangi variety show mereka sendiri, di siaran SBS MTV berjudul Rookie King Channel Bangtan, berdasarkan siaran penyiaran palsu bernama “Channel Bangtan”, yang mana para anggota memparodikan berbagai variety shows seperti VJ Special Forcesdan MasterChef Korea. Diakhir tahun itu, BTS memenangkan beberapa penghargaan New Artist of the Year, termasuk Melon Music Awards dan Golden Disc Awards 2013 dan Seoul Music Awards 2014.

Seri terakhir dari “school trilogy”, Skool Luv Affair (2014) memuncaki Gaon Chart, terjual sebanyak 100,000 eksemplar ditahun 2014 dan lebih dari 250,000 eksemplar secara keseluruhan. Album ini juga berada di nomor tiga di tangga album Billboard World Albums, menjadi rilis BTS pertama yang berada di dalam tangga album ini. Album ini menghasilkan single berjudul “Boy in Luv” (Bahasa Korea: 상남자; RR: Sang-namja) dan “Just One Day” (Bahasa Korea: 하루만; RR: Haruman). Di bulan Juni tahun itu, BTS berpartisipasi sebagai juri di sebuah kompetisi cover tari K-pop di Bridge di Festival Korea di Rusia, sebuah acara yang diadakan untuk mempromosikan pariwisata di kedua negara ini, yang mana mereka juga tampil di panggung. Dibulan Agustus, grup ini juga menghadiri KCON di Los Angeles. Dibulan yang sama, mereka merilis album studio Korea pertama mereka, Dark & Wild, yang berada di nomor dua di Gaon Chart dan terjual lebih dari 200,000 eksemplar. Album ini didukung oleh dua single: “Danger” dan “War of Hormone” (Bahasa Korea: 호르몬 전쟁, RR: Horeumon Jeonjaeng).

Album studio debut Jepang mereka, Wake Up (2014), dirilis di Desember tahun itu, berada di nomor tiga di Oricon Albums Chart mingguan dan terjual 28,000 eksemplar. Bersama dengan lagu-lagu lama versi Jepang yang direkam ulang, album ini juga berisi lagu-lagu baru seperti “Wake Up” dan “The Stars”. Tur konser pertama mereka, BTS Live Trilogy – Episode II: The Red Bullet 2014, diadakan dari bulan Oktober sampai Desember.

2015 – 2016  Terobosan Dan Sukses Komersial : Diawal tahun 2015, BTS mengadakan tur di Jepang untuk pertama kali dengan tur Wake Up: Open Your Eyes mereka. Mereka juga mengadakan konser solo kedua mereka di Korea, BTS Live Trilogy – Episode 1: BTS Begins. EP ketiga mereka, The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 (2015), dirilis di Marcet tahun itu dan menjadi album Korea satu-satunya yang masuk kedalam daftar dari siaran TV bernama Fuse atas “27 Album Terbaik Tahun 2015 Sejauh Ini” di tahun itu. Single utamanya, “I Need U”, menjadi hit lima besar di tangga lagu mingguan Gaon Digital Chart di Korea Selatan dan membuat BTS mendapat penghargaan acara musik pertama mereka di siaran SBS MTV di acara berjudul The Show. Meskipun single kedua, “Dope (Bahasa Korea: 쩔어; RR: Jjeoreo)”, berada di nomor 44 di tangga lagu Gaon Digital Chart mingguan, musik video lagu ini merupakan video pertama mereka yang mendapat 100 juta pengunjung di YouTube di bulan Oktober. “Dope” kemudian berada di nomor tiga di tangga lagu Billboard World Digital Songs. The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 telah terjual lebih dari 415,000 eksemplar sampai saat ini.

The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 dan Part 2 kemudian dikombinasikan sebagai edisi Young Forever (2016) dan didukung oleh tiga single: hit 40 besar berjudul “Epilogue: Young Forever”, hit 10 besar berjudul “Fire” (Bahasa Korea: 불타오르네; RR: Bultaoreune), dan hit 20 besar berjudul “Save Me”. Konser dua hari di Olympic Gymnastics Arena di Seoul diadakan pada bulan Mei untuk mempromosikan album ini, diikuti dengan tur Asia mereka. Grup ini juga tampil di acara KCON di AS yang diadakan tahun itu di New Jersey (Juni) dan Los Angeles (Juli). Young Forever kemudian memenangkan Album of the Year di Melon Music Awards, menjadi penghargaan pertama (daesang) mereka.

Pada tanggal 7 September 2016, BTS merilis album studio Jepang mereka berjudul Youth, terjual lebih dari 44,000 eksemplar di hari pertama rilis dan berada di posisi satu di Jepang. Edisi Jepang dari “I Need U” dan “Run” dirilis sebagai single. Sementara itu, di negara asal mereka, pra-pemesanan dari album studio Korea mereka, Wings, dirilis di Oktober tahun itu, terjual lebih dari 500,000 eksemplar di minggu pertama. Single utama berjudul “Blood Sweat & Tears” mendapat “all-kill” di Korea Selatan, menjadi lagu pertama mereka yang memuncaki tangga lagu digital mingguan Gaon. Video musiknya mendapat lebih dari 6 juta pengunjung kurang dari 24 jam, memecahkan rekor sebelumnya di YouTube dengan pengunjung terbanyak dari senuah grup musik K-pop kurang dari 24 jam. Mereka kemudian memenangkan Artist of the Year di Mnet Asian Music Awards 2016, menjadi artis pertama yang bukan dari perusahaan hiburan “Big Three” (SM, YG dan JYP) yang melakukannya.

2017 – Sekarang Pengenalan Internasional : Diawal tahun 2017, BTS mengadakan Live Trilogy Episode III: The Wings Tour mereka. Februari tahun itu, pra-pemasanan dari edisi baru Wings, berjudul You Never Walk Alone, mendapat 700,000 eksemplar. Single utama berjudul “Spring Day” (Bahasa Korea: 봄날; RR: Bomnal) memuncaki tangga lagu daring populer Korea Selatan, termasuk Gaon, dan membuat gangguan di tangga lagu digital Melon akibat dari banyaknya pengguna yang ingin mengaksesnya. Lagu ini juga masuk kedalam Billboard Bubbling Under Hot 100 di nomor 15 dengan “tidak adanya promosi”

Januari 2018 menandakan BTS menerima sertifikasi Dua kali Platinum mereka pertama dari RIAJ untuk single “Mic Drop/DNA/Crystal Snow”, single satu-satunya dari album artis asing pada tahun 2017 yang menjual lebih dari 500,000 eksemplar dan mendapat sertifikasi di tangga lagu Oricon di tahun itu. Dibulan yang sama, mereka menjadi artis pertama diluar dari “Big Three” yang memenangkan penghargaan (Daesang) di Golden Disc Awards dan Seoul Music Awards masing-masing. Pada bulan Februari, single “Mic Drop Remix” dan “DNA” disertifikasi Emas oleh RIAA, membuat BTS menjadi artis Korea pertama dan satu-satunya yang mendapat dua sertifikasi. Versi asli film dokumenter delapan episode, berjudul Burn the Stage, memfilmkan belakang panggung di Wings Tour 2017 mereka, tayang perdana pada tanggal 28 Maret di YouTube Premium dan tayang secara ekslusif di platform ini sampai tanggal 9 Mei. Rapper J-Hope merilis mixtape pertamanya, Hope World, pada tanggal 1 Maret. Album studio Jepang ketiga mereka, Face Yourself, dirilis pada tanggal 4 April, debut di nomor 43 di Billboard 200 sebagai album Jepang dengan posisi tertinggi di sejarah tangga album ini. Kemudian di hari yang sama, grup ini juga merilis sebuah video sembilan-menit berjudul “Euphoria”, dan mengatakan akan menjadi tema dari Love Yourself 起: Wonder.

Pada bulan April BTS dinominasikan lagi di kategori Top Social Artist di Billboard Music Awards 2018, yang mereka kemudian menangkan pada tanggal 20 Mei, membuat mereka menjadi satu-satunya artis Korea yang dinominasikan dan memenangkan penghargaan ini dua tahun berturut-turut. Mereka juga tampil untuk pertama kali di acara ini, membawakan perdana single baru mereka, “Fake Love”, dari LP ketiga mereka berbahasa Korea, Love Yourself: Tear, dirilis pada tanggal 18 Mei. Album ini debut di nomor satu di Billboard 200 AS dengan 135,000 unit setara dengan album (termasuk 100,000 penjualan album langsung), menjadi album BTS di posisi tertinggi di tangga album ini dan album nomor satu pertama mereka di AS, album K-pop pertama yang memuncaki tangga album AS, dan album dengan posisi tertinggi oleh artis Asia.

“Fake Love” menjadi lagu K-pop pertama yang berada di sepuluh besar sejak lagu milik Psy berjudul “Hangover” feat. Snoop Dogg pada tahun 2014. Pada tanggal 14 Agustus, “Fake Love” dikonfirmasi oleh Recording Industry Association of America mencapai status “Emas”, terjual lebih dari 500,000 eksemplar unit setara dengan album. Lagu ini menjadi lagu ketiga BTS yang mendapat sertifikasi ‘Emas’. Love Yourself: Tear juga berada di nomor delapan di UK Albums Chart, menjadi album sepuluh besar pertama mereka di negara ini. Dibulan Juni, Time memasukkan BTS dalam daftar “25 Orang Paling Berpengaruh di Internet”.

Pada tanggal 17 Juli, grup ini mengumumkan album kompilasi kedua mereka Love Yourself: Answer pada tanggal 24 Agustus 2018, dengan tujuh lagu baru ditambahkan di album ini. Tur dunia 2018 mereka bernama BTS World Tour: Love Yourself, dimulai di hari berikutnya di Seoul. Di konser terakhir di Amerika Utara, grup ini tampil di Citi Field, pertama kalinya sebuah artis Korea yang tampil di sebuah stadion di AS. Semua tiket sebanyak 40,000 di stadion ini kemudian dikonfirmasi oleh Big Hit Entertainment terjual habis dalam waktu kurang dari 20 menit.

Dibulan Oktober, Majalah Time menjadikan BTS di sampul edisi global mereka, menyebut mereka sebagai “Pemimpin Generasi Selanjutnya”. Dibulan yang sama, mereka tampil di Korea-France Friendship Concert in Paris, sebuah pertemuan yang dimaksudkan untuk menunjukkan hubungan baik antara Prancis dan Korea Selatan. Sekitar 400 pejabat menghadiri rapat ini, termasuk presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Pada tanggal 20 Oktober, rapper RM mengumumkan mixtape keduanya, Mono, yang dirilis dua hari kemudian di platform digital dan layanan pendengar daring secara gratis, bersama dengan sebuah video musik untuk lagu terakhir mixtape, “Forever Rain”. Video lirik untuk lagu kedua dan ketiga, berjudul “Seoul” dan “Moonchild”, dirilis pada tanggal 23 Oktober dan 24 masing-masing.

Diawal bulan November 2018, acara musik populer Jepang membatalkan penampilan BTS dikarenakan sebuah kaus yang dipakai seorang anggota di tahun sebelumnya.Dibulan yang sama organisasi hak asasi Yahudi bernama Simon Wiesenthal Center (SWC) menyatakan BTS berhutang permohonan maaf karena kaus tersebut di tahun 2017, pakaian tersebut dengan simbol Nazi, dan sebuah bendera. Big Hit Entertainment meminta maaf, menyatakan gambar yang ada di pakaian tersebut tidak dimaksudkan untuk menyakiti korban dari Nazisme atau bom atom, dan mereka serta manajemen akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kesalahan di masa depan. Mereka juga menyatakan bahwa bendera itu dimaksudkan untuk menjadi komentar pada sistem sekolah Korea. Permintaan maaf ini diterima oleh SWC dan Asosiasi Korban Bom Atom Korea.

Pada tanggal 9 November 2018 Love Yourself: Answer menjadi album Korea pertama yang disertifikasi Emas (500,000+ unit), dan BTS menjadi grup Korea pertama yang mendapatkan sebuah sertifikasi Platinum (1,000,000+ unit) dengan single berjudul “Mic Drop” di Amerika Serikat.

Pada bulan Desember 2018, Billboard memasukkan BTS diposisi ke #8 dalam daftar year-end Top Artist Chart mereka, bersama dengan artis seperti Drake dan Taylor Swift. Mereka juga berada di No. 2 artis tahun itu dalam daftar Duo/Group, dibelakang Imagine Dragons. Di bulan yang sama, mereka masuk kedalam Bloomberg 50, menyatakan kesediaan mereka untuk mengatasi masalah sosial, kesehatan mental, dan politik meskipun berada dalam genre yang dapat dicap sebagai musik bubblegum pop.

Penghargaan Dan Nominasi

BTS mempunyai pengikut yang besar di media sosial, yang kemudian membuat mereka memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards 2017 setelah menerima lebih dari 300 juta dukungan dan menjadi grup Korea pertama yang memenangkan sebuah BBMA. BTS juga kembali memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards 2018. Mereka menjadi selebritas yang paling banyak dicuitkan pada tahun 2017, menjadi yang “paling banyak disukai dan dicuit ulang lebih dari setengah milyar kali (502 juta)” diseluruh dunia. Grup ini pertama kali masuk dalam edisi tahun 2016 di Billboard Year-End terutama dalam World Albums Artist dan World Digital Song Artists. Mereka masuk lagi dalam edisi tahun 2017 berada di posisi 10 sebagai Top Artists, kedua di Top Artists – Duo/Group, dan pertama di Social 50 Artists dan World Albums Artists. Pada tahun 2018, BTS diberi penghargaan sebagai Outstanding Achievement in Music di The Asian Awards. BTS juga menjadi grup Korea pertama yang menerima sebuah penghargaan di American Music Awards, memenangkan penghargaan sebagai Favorite Social Artist.

Pada bulan Oktober 2018, BTS dianugerahi Hwagwan kelas lima Order of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan atas kontribusi mereka menyebarkan budaya dan bahasa Korea.

Download

Download Lagu Tentang BTS Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up