Musik Lagu Lengkap Tentang Winner

Tentang Winner

Winner adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label rekaman YG Entertainment pada tahun 2014. Grup ini awalnya terdiri dari lima orang anggota, yakni Kang Seungyoon, Song Minho, Nam Taehyun, Kim Jinwoo, dan Lee Seunghoon. Pada 25 November 2016, Taehyun dinyatakan resmi keluar dari grup.

Grup ini pertama kali diperkenalkan dalam program berjudul Who is Next: WIN sebagai “Tim A”. Baik Tim A maupun lawan mereka, Tim B, merupakan para trainee di YG Entertainment. Kedua tim saling bersaing dan pemenangnya akan debut sebagai boy band pertama YG dalam 8 tahun setelah Big Bang. Pada akhir program, gelar “WINNER” diberikan kepada Tim A setelah mereka memenangkan semua tiga putaran pemungutan suara dari penonton.

Setelah mengalami beberapa penundaan, Winner akhirnya debut secara resmi di Korea pada tanggal 15 Agustus 2014 saat konser YG Family dan mereka melakukan debut panggung pertamanya di SBS Inkigayo pada 17 Agustus. Grup ini debut di Jepang pada 10 September. Debut mereka dianggap sebagai salah satu debut K-pop terbaik sepanjang tahun 2014.

Perjalanan karier

Pradebut

Sebelum grup ini debut, sang leader Kang Seung-yoon adalah mantan kontestan Superstar K2 yang berhasil mencapai Top 4. Ia pun memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan YG Entertainment pada tahun 2011. Pada tahun yang sama, ia memulai karier aktingnya di sitkom High Kick:Revenge of Short Legged. Pada tahun 2013, ia membuat debut solonya dengan merilis singel berjudul “It Rains” yang meraih status all-kill di tangga lagu Korea Selatan.

Lee Seunghoon, penari utama grup, adalah mantan kontestan K-Pop Star Season 1 dan menempati urutan keempat. Seunghoon kemudian direkrut oleh Yang Hyun-suk. Pada tanggal 16 Mei, YG Entertainment mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak eksklusif dengan Seunghoon. Seperti Seungyoon, Seunghoon kembali berstatus trainee di bawah naungan perusahaan.

Song Minho memulai karier musiknya sebagai penyanyi rap bawah tanah dengan nama panggung “Mino” atau “Hugeboy Mino” bersama penyanyi rap bawah tanah lainnya yang kini juga menjadi anggota boy band, seperti Zico, Kyung, P.O dari Block B dan Taewoon dari SPEED. Minho hampir menjadi anggota Block B, namun disaat terakhir menjelang debut ia mengundurkan diri karena alasan pribadi. Pada tahun 2011, ia debut sebagai rapper di grup balada bernama BoM di bawah naungan Y2Y Contents Company, namun grup tersebut bubar dua tahun kemudian. Pada tahun 2013, ia direkrut menjadi trainee YG Entertainment melalui audisi pribadi setelah debut sebagai aktor pada program The Strongest K-Pop Survival pada Maret 2012.

Kim Jinwoo berasal dari “Joy Dance – Plug In Music Academy”. Seungri membawa Jinwoo ke YG Entertainment setelah melihat potensinya dan ia akhirnya diterima sebagai trainee pada tahun 2010. Jinwoo dan Nam Taehyun – yang direkrut pada tahun 2011 melalui audisi pribadi – tampil sebagai backup dancer di YG Family 2011.

2013-2014: Debut dan awal kesuksesan

Dengan kemenangan yang diperoleh “Tim A” di final program Who is Next: WIN pada 25 Oktober 2013, para anggota dijanjikan debut sebagai Winner di bawah label YG Entertainment. Pada akhir acara diumumkan bahwa Winner dan Tim B masing-masing akan segera merilis dua lagu buatan mereka sendiri pada tanggal 28 Oktober, dan Winner akan melakukan dome tour bersama Big Bang. Mereka pun menjadi pembuka konser Japan Dome Tour Big Bang yang dimulai pada 15 November. Pada 9 November 2013, Taeyang Big Bang merilis video musik “Ringa Linga” yang menampilkan Winner sebagai backup dancer.

Perjalanan mereka menuju debut baik di Korea maupun Jepang didokumentasikan dalam bentuk acara realitas berjudul WINNER TV yang mulai ditayangkan pada 13 Desember di Mnet sebanyak 10 episode. Pada akhir acara dan sebelum grup melakukan debutnya, dua anggota yakni Kang Seung-yoon dan Mino berpartisipasi dalam lagu kolaborasi untuk proyek bulan Maret Yoon Jong Shin. Selama bulan Juni – Agustus 2014, grup ini kembali diperkenalkan kepada publik melalui serangkaian gambar dan video teaser. Winner akhirnya resmi debut pada 6 Agustus 2014 melalui gelaran acara peluncuran album terbarunya tersebut. Album debut mereka, 2014 S/S, dirilis secara online pada 12 Agustus dan album fisik dirilis pada 14 Agustus. SBS Inkigayo menjadi panggung debut pertama Winner pada 17 Agustus, dan klub penggemar resmi dari Winner diberi nama “Inner Circle”.

Menyusul dengan dirilisnya album ini, dua video musik untuk singel beraliran rock alternatif “Color Ring” dan lagu beraliran hiphop mid-tempo “Empty” diunggah ke akun Youtube resmi mereka di mana “Empty” telah ditonton sebanyak satu juta kali dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Album ini meraih status all-kill di tangga lagu Korea Selatan sesaat setelah rilis dan semakin memperkuat status “monster rookie” yang melekat pada mereka. Selanjutnya, album ini mendapatkan status perfect all-kill dari Melon. Grup ini juga berhasil menduduki posisi nomor 1 di iTunes Hong Kong, Malaysia, Indonesia, Singapura dan Taiwan, serta menempati posisi pertama di Billboard World Albums Chart. Pada hari debut Winner, saham YG Entertainment naik hingga 6.57%. Winner memperoleh kemenangan acara musik pertama mereka di M! Countdown saat panggung debut mereka. Pada 30 Agustus, video musik untuk lagu solo Mino yang berjudul “I’m Him” dirilis dengan penampilan kameo anggota lainnya.

Pada 10 September, grup ini memulai promosi mereka di Jepang untuk album 2014 S/S: Japan Collection dan memulai konser solo pertama mereka di sana pada 11 September. Winner berhasil menyelesaikan tur mereka di Tokyo pada 11 Oktober yang berhasil menarik total 25.000 penggemar. Pada 9 Desember 2014, Fuse mengumumkan daftar “13 Top Breakout Artist of 2014” dan Winner menjadi satu-satunya perwakilan Korea Selatan dengan berada di urutan ke-11 dalam daftar tersebut bersanding dengan Sam Smith, Jhene Aiko dan Charli XCX. Pada 17 Desember, Dazed Digital mengumumkan “The top 20 K-pop tracks of 2014” di mana Winner berada di urutan ke-10 dengan lagu “Color Ring”.

2015-kini: Kegiatan solo dan EXIT

Setelah promosi debut mereka, grup ini memasuki masa hiatus pada tahun 2015 sementara para anggota menjalani kegiatan solo. Taehyun menjalani karier akting dengan berperan dalam beberapa proyek, seperti drama web Midnight’s Girl di MBC, , Late Night Restaurant di SBS, dan drama kerjasama Korea-Tiongkok berjudul Under the Black Moonlight. Sama seperti Taehyun, Kang Seunyoon kembali berakting dalam drama web We Broke Up produksi CJ E&M yang telah ditonton sebanyak 16 juta kali. Kim Jinwoo juga menjajal kemampuan aktingnya melalui drama Korea-Tiongkok berjudul The Magical Cell Phone. Saat para vokalis grup mengejar karier akting, rapper utama Song Minho melanjutkan karier bermusiknya dengan bergabung dalam musim keempat program kompetisi rap Show Me the Money dan keluar sebagai juara kedua. Lagu-lagu yang ia bawakan pada acara tersebut mampu memuncaki tangga lagu Korea Selatan, salah satunya adalah “Fear” yang dinyanyikan bersama Taeyang, lagu ini menjadi singel dengan unduhan terbanyak dari acara tersebut dan telah terjual lebih dari 1 juta kopi digital.

Pada Desember 2015, YG Entertainment mengumumkan bahwa grup ini akan merilis bahan baru pada tahun 2016. Ada total lima “perilisan” yang diambil Winner untuk proyek comeback bertajuk Exit Movement. Dimulai dengan dirilisnya duet pemanasan antara Song Minho dan Nam Taehyun dalam singel berjudul “Pricked”. Karena tidak dilakukan promosi, singel ini hanya debut pada posisi nomor 2 di Melon, namun berhasil menduduki posisi nomor 1 di tangga lagu iTunes beberapa negara, seperti Singapura, Thailand, Brunei dan enam negara lainnya. Proyek cover untuk lagu ini dilakukan oleh beberapa penyanyi terkenal, seperti Taeyang, G-Dragon, dan Zion.T, dan digunakan sebagai teaser promosi untuk comeback resmi grup. Album mini berjudul EXIT : E dijadwalkan untuk dirilis pada 1 Februari 2016 dan menjadi comeback pertama mereka setelah debut 18 bulan lalu. Album ini memiliki singel ganda, yakni “Baby Baby” dan “Sentimental”.

Pada bulan April, Winner tampil dalam acara varietas Half-Moon Friends di saluran JTBC.

Pada bulan September, Mino dan Bobby dari iKON debut sebagai duo hip hop baru bernama MOBB.

Pada 12 Oktober, YG Entertainment mengumumkan bahwa Taehyun akan mengambil hiatus dari grup akibat gangguan masalah kesehatan dan seluruh rangkaian Exit Movement akan ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Pada 25 November, Taehyun diumumkan resmi hengkang dari grup.

Penghargaan dan nominasi

Winner menjadi grup idola K-Pop yang meraih trofi kemenangan tercepat di program musik setelah debut, yakni saat panggung debut mereka. Mereka memenangkan penghargaan besar pertama mereka, yakni penghargaan Bonsang dan Daesang untuk kategori ‘Top 10 Artists’ dan ‘Best New Artist’ di Melon Music Awards 2014. Sebagai tambahan, mereka juga memperoleh penghargaan ‘Best New Artist’ di MAMA 2014, SBS Awards Festival, Gaon Chart K-Pop Awards dan Golden Disk Awards.

Download

Download Lagu Tentang Winner Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang Winner”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *