Musik Lagu Lengkap Tentang Raison D’etre

Tentang Raison D’etre

Raison D’etre (Reason To Be/Alasan Menjadi) merupakan salah satu grup musik indie dari Indonesia yang dibentuk pada tanggal 27 September 2001 dengan konsep musik pseudo-rock. Raison D’etre beranggotakan :

JoneZ (Vokal)
Tanto (Gitar I)
Yuyu (Gitar II)
Gaban (Drum)
Angga (Bass)

Sejarah

Pada tahun 27 September 2001 : Angga, Nucky, Pandu, Tanto adalah teman satu kampus. Pada waktu itu di kampus mereka akan diadakan acara Inagurasi dan oleh kampus diharuskan bahwa setiap kelas harus ada wakil bandnya. Dengan bermodalkan keberanian dan percaya diri yang ada pada diri mereka, akhirnya mereka berinisiatif untuk ikut serta dalam acara tersebut dengan komposisi Nucky pada Vocal, Angga pada Bass, Pandu pada Drum dan Tanto pada Gitar.

Pada hari mereka ingin mendaftar, mereka memikirkan nama Band yang cocok dan pada akhirnya diputuskan nama Band mereka adalah “The QUIP”. Dalam audisi, mereka membawakan lagu HONEY dari L’Arc~en~Ciel dan sayangnya pada audisi itu mereka tidak termasuk dalam 10 band yang diterima. Pada tahun yang sama Pandu mengundurkan diri dan posisinya kemudian digantikan oleh Gaban sebagai Drummer di samping diperlengkap oleh Sade pada formatur gitar. Selanjutnya dalam tahun 2002 ini mereka mengubah nama Band menjadi YORAI ( NuckY, TantO, FajaR, Angga, SadI ).

Pada tahun 2003 SadI memutuskan untuk keluar dan digantikan oleh Agung pada posisi gitar

Pada tahun berikutnya, mereka memutuskan untuk “Bertapa” selama setahun dan setiap personel mencari dan menimba pengalaman bermusik masing-masing. Seluruh personel band berkomitmen untuk berkumpul kembali pada tanggal 15 juli tahun 2004, dengan pengalaman dan pengetahuan musik yang makin bertambah. Selama setahun “menghilang” itu Tanto memutuskan untuk menambah pengalaman bermusiknya dengan meninggalkan kampus lamanya dan beralih menjadi mahasiswa di sebuah Institut Musik di Jakarta, sementara itu Angga sendiri memutuskan untuk menjadi additional player di beberapa band yang membawakan jenis musik yang berbeda, sedangkan Gaban menambah pengalaman musiknya dengan membantu menjadi kru beberapa band serta membantu band lain dalam recording.

Namun sayangnya pada tahun itu Nucky dan Agung memutuskan untuk mengundurkan diri secara total, sehingga pada saat berkumpul kembali mereka hanya tinggal bertiga saja (yakni : Angga, Gaban dan Tanto). Pada saat itu mereka bertiga bingung siapa yang akan menggantikan posisi Lucky dan Agung. Pada saat Tanto berkumpul di rumah salah seorang temannya bersama-sama dengan teman-teman SMA nya (reuni) di mana pada saat itu di seputaran daerah itu sedang diadakan Festival Band dan secara kebetulan Tanto melihat salah seorang temannya yang bernama Jonez ikut serta dalam Festival itu sebagai vokalis. Setelah Tanto melihat Jonez manggung serta terkesan terhadap penonton yang terbengong-bengong setelah mendengarkan suara Jonez, dengan segera Tanto langsung memutuskan untuk mengajak Jonez untuk bergabung bersama Band nya, Jones pun mau ikut bergabung. Mulai saat itu format Band berubah lagi, yakni Jones (Vocal), Tanto (Guitar), Angga (Bass), dan Gaban (Drum), dan kemudian nama Band pun berubah lagi menjadi Raison D’etre yang artinya adalah “alasan sebuah keberadaan”, sebuah alasan kenapa mereka berkumpul dan dipertemukan.

Setelah Raison D’etre dibentuk mereka pun kembali mengikuti festival-festival sambil berusaha mengaransemen lagu sendiri. Festival yang mereka ikuti pada thn 2004 adalah Festival Lembah di Depok (dibantu oleh Riki sebagai additional Guitarist), pada Festival itu mereka berhasil menjadi Juara 1, dan seluruh personel dianugerahi gelar The Best Players. Dan momen itulah yang menjadi pemicu mereka untuk terus berkarya dan berkarya. Pada Tahun 2005, Riki menawarkan jasa seorang temannya yang bernama Yuyu untuk bergabung dengan Raison D’etre. Melihat permainan gitar Yuyu, Angga memutuskan untuk merekrut Yuyu ke Raison D’etre untuk melapis permainan gitar Tanto. Hingga saat ini formatur Raison D’etre adalah Jones (Vocal), Tanto (Guitar I), Yuyu (Guitar II), Gaban (Drum) dan Angga (Bass). Tahun 2005 Raison D’etre kembali berhasil menembus 10 besar Animonster Sound, walaupun pada akhirnya terhenti jalannya.

Tahun 2005 juga merupakan tahun pertama di mana Raison D’etre membagikan secara gratis Mini Single pertama mereka di acara Lunatic Beat. Dilanjutkan dengan single yang kedua masih pada tahun yang sama.Desember 2005 merupakan bulan keberuntungan bagi Raison D’etre setelah berhasil menembus babak final MTV Motoalert Live and Loud.

Raison D’etre telah mengirimkan demo lagu-lagu mereka ke beberapa major label ternama di Indonesia dengan hasil nihil. Bosan dengan segala bentuk basa-basi dan penolakan dari major label, Raison D’etre memutuskan untuk berjalan sendiri dengan melakukan surveying launch album pertama mereka pada tanggal 12 Mei 2006 di bawah label raisonrecords dengan hasil penjualan cd survei ludes terjual.

Bekerja sama dengan forum sebuah komunitas, Raison D’etre memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mendownload dan meng-uji dengar beberapa lagu mereka.

Sampai saat ini Raison D’etre masih terus dan terus berkarya lagi.

Download

Download Lagu Tentang Raison D’etre Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang Raison D’etre”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *