Musik Lagu Lengkap Tentang Jamie Cullum

Tentang Jamie Cullum

Jamie Cullum (lahir 20 Agustus 1979; umur 38 tahun) adalah seorang penyayi Jazz-Pop Inggris dan pembuat lagu. Meskipun ia adalah seorang pianis terutama vokalis ia juga menyertai dirinya pada instrumen lain termasuk gitar dan drum. Sejak April 2010, ia telah menyajikan pertunjukan musik jazz mingguan di BBC Radio 2, disiarkan pada hari Selasa dari pukul 19:00.

Latar Belakang dan Keluarga

Ia lahir di Rochford, Essex. Dia dibesarkan di Hullavington, Wiltshire.

Ibunya, Yvonne, adalah sekretaris asal Anglo, Myanmar, yang keluarganya menetap di Utara Inggris setelah kemerdekaan Myanmar. Ayahnya, John Cullum, bekerja di bidang keuangan. Kakek adalah seorang perwira Angkatan Darat Inggris, sementara neneknya adalah Yahudi dari Prusia pengungsi yang bernyanyi di klub malam di Berlin.

Pendidikan

Jamie Cullum pernah menempuh pendidikan di Grittleton House School, yaitu sebuah sekolah independen yang terletak di desa Grittleton, dekat dengan kota Chippenham di Wiltshire, Inggris. Setelah lulus Jamie melanjutkan pendidikannya di Sheldon School. Jamie Cullum sempat menolak untuk menlanjutkan kuliahnya di Universitas Oxford dan lebih memilih mengambil jurusan Sastra Inggris dan Perfilman di Universitas Reading, dimana dia berhasil memperoleh predikat sebagai menjadi lulusan terbaik.

Kehidupan Pribadi

Jamie Cullum menikahi Sophie Dahl. Sophie Dahl merupakan seorang kritikus makanan dan mantan model asal Inggris. Upacara pernikahan mereka berlangsung tertutupn pada tanggal 9 Januari 2010 di Inggris. Setelah menikah mereka tinggal di Great Missenden, Buckinghamshire, Inggris yang merupakan kampung halaman dari kakek Sophie yaitu Roald Dahl. Padda 2 Maret 2011, pasangan ini dikaruniai seorang putri bernama Lyra dan saat ini Sophie Dahl sedang mengandung anak kedua.

Karier Bermusik

Jamie Cullum merilis album pertamanya dengan judul Jamie Cullum Trio – Heard It All Before pada tahun 1999. Album ini mampu terjual sebanyak 500 kopi dan bahkan salinan asli album ini pernah terjual seharga £600 melalui eBay. Keberhasilan ini membuat Jamie Cullum diminta tampil di album Geoff Gascoyne yang berjudul Song of the Summer.

Setelah lulus dari Universitas Reading, Jamie Cullum kembali merilis album yang diberi judul Pointless Nostalgic. Kesuksesan album ini membawa peluang kepada Jamie Cullum untuk tampil di TV untuk pertama kalinya. Penampilan inilah yang akhirnya mengundang ketertarikan Universal Musik untuk mengotrak 3 album dengan nilai £ 1.000.000.

Di bulan Oktober 2003, Jamie kembali mengeluarkan album dengan judul Twentysomething. Album ini memperoleh Platinum dan menjadi studio album artis jazz terlaris no. 1 di Inggris. Di akhir 2003 Jamie dinobatkan sebagai musisi jazz terlaris sepanjang masa di Inggris.

Meskipun pada awalnya seorang musisi Jazz, Jamie Cullum memasukan berbagai macam gaya bermusik, sehingga dia sering disebut juga sebagai musisi “crossover” dengan akar musik berbasis Jazz. Jamie Cullum memperoleh inspirasi bermusik dari bermacam musisi. Tapi baginya, Ben Cullum, yang tidak lain adalah kakaknya merupakan pemberi pengaruh terbesar dalam bermusik. Hingga saat ini Jamie dan Ben Cullum masih terus berkolaborasi dalam bermusik.

Dalam pertunjukannya, Jamie lebih spontan dalam menampilkan lagu-lagunya dan jarang sekali terpaku pada daftar lagu. Rata-rata pertunjukan Jamie berlangsung hingga dua jam lebih. Jamie Cullum telah bermain di banyak festifal musik besar, termasuk Glastonbury Festival (2004 dan 2009), New Orleans Jazz & Haritage Festival (2005), Coachella (2005), South by Southwest (2006), North Sea Jazz Festival, The Hollywood Bowl dan The 2006 Playboy Jazz Festival.

Album

* 1999 : Heard It All Before
* 2002 : Pointless Nostalgic
* 2004 : Twentysomething
* 2005 : Catching Tales
* 2007 : In The Mind Of Jamie Cullum
* 2009 : The Pursuit (album)
* 2013 : Momentum (album)

Penghargaan

Mendapat pengharggaan The British Jazz Awardspada bulan Juli tahun 2003.
Dinominasikan penghargaan 2004 BRIT Awards
Tampil live dalam acara di Earl’s Court, duet dengan Katie Melua dari The Cure ‘s “The Lovecats] Dinominasikan 2 penghargaan 2005 BRIT Awards

Download

Download Lagu Tentang Jamie Cullum Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang Jamie Cullum”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *