Musik Lagu Lengkap Tentang iKON

Tentang iKON

iKon, juga ditulis sebagai iKON, adalah boy band asal Korea Selatan yang dibentuk pada 2015 oleh YG Entertainment. Grup ini pertama kali diperkenalkan dalam acara realitas WIN: Who is Next sebagai “Tim B.” Setelah itu, Tim B muncul kembali dalam acara realitas survival Mix & Match, yang menentukan tujuh anggota formasi akhir dari iKON: B.I, Bobby, Jay, Ju-ne, Song, DK dan Chan.

Menurut CEO YG Entertainment Yang Hyun-suk, huruf “C” dalam kata “ICON” diubah dengan huruf “K” karena ia ingin mereka menjadi “icon” bagi Korea. Grup ini debut pada 15 September 2015 mealui perilisan digital singel pertama mereka yang berjudul “My Type” dari album studio pertama, Welcome Back. Penampilan panggung debut mereka dilakukan pada 4 Oktober 2015 di SBS Inkigayo.

Per Maret 2017, grup ini telah menjual lebih dari 330,000 album fisik, dan lebih dari 5.6 juta catatan digital.

Sejarah

Pra-debut

Sebelum grup dibentuk, leader B.I tampil dalam lagu MC Mong yang berjudul “Indian Boy” pada tahun 2009. Ia tampil bersama MC Mong di SBS Dream Concert 2009 dan juga di You Hee-yeol’s Sketchbook bersama dengan MC Mong.

Koo Junhoe muncul pertama kali dalam acara varietas SBS Star King pada awal tahun 2009 dan membawakan gerakan tarian Michael Jackson. Ia juga berpatisipasi di ajang pencarian bakat SBS K-pop Star pada tahun 2011.

Pada 3 Januari 2011, B.I dan Kim Jinhwan secara resmi menjadi trainee YG Entertainment yang disusul oleh Bobby seminggu kemudian. Pada 18 April 2012, Koo Junhoe dan Song Yunhyeong bergabung dengan Tim B yang diikuti dengan bergabungnya Kim Donghyuk pada 5 November 2012 sebagai anggota keenam sekaligus yang terakhir.

Who is Next: WIN
Grup ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 melalui program Who is Next: WIN sebagai Tim B yang terdiri dari leader B.I, Bobby, Jinhwan, Junhoe, Yunhyeong, dan Donghyuk. Tim B berkompetisi melawan grup trainee lainnya yang disebut sebagai Tim A dan yang menang berkesempatan untuk debut sebagai grup Winner. Setelah melalui tiga putaran pemilihan suara dari penonton, Tim B akhirnya kalah dari Tim A dan kembali menjadi trainee YG. Selama program ini, Tim B merilis dua singel, yakni “Just Another Boy” dan “Climax”.

Pada 9 November 2013, para anggota Tim B muncul sebagai penari latar dalam video musik “Ringa Linga” milik Taeyang.

Show Me The Money 3
Pada tahun berikutnya, Bobby dan B.I berpatisipasi dalam program Show Me The Money 3 sementara saat itu juga sedang berlangsung program Mix & Match (keduanya acara dari Mnet). B.I tereliminasi di episode 7 sebagai 8 besar, sedangkan Bobby menjadi juara pertama musim itu. Dari program ini, mereka masing-masing merilis lagu solo yang ternyata sangat sukses dan menduduki posisi nomor 1 di berbagai tangga lagu. B.I merilis singel gubahannya sendiri berjudul “Be I”, sementara Bobby merilis 4 lagu antara lain “L4L (Lookin’ For Luv”, “연결고리#힙합 (YGGR#hiphop)”, “가 (GO)” dan “가드올리고 Bounce (Raise Your Guard and Bounce).”

Pada 12–13 April 2014, Tim B tampil di YG Family Japan Tour di Kyocera Dome, Osaka.

Mix & Match
Pada Juni 2014, Tim B tampil dalam acara realitas kedua berjudul Mix & Match sebagai tindak lanjut dari WIN: Who Is Next. Tujuan acara ini adalah untuk menentukan formasi akhir dari iKON. Saat Bobby, B.I, dan Jinhwan telah dikonfirmasi sebagai anggota iKON, para anggota tersisa dari Tim B akan berkompetisi melawan tiga trainee baru, yakni Jung Jin-hyeong, dan Yang Hong-seok, serta Jung Chan-woo yang sebelumnya telah dikenal sebagai aktor cilik. Server blog resmi YG mengalami gangguan sebelum pengumuman resmi formasi akhir iKON. Anggota yang berhasil lolos antara lain Junhoe, Yunhyeong, Donghyuk dan Chanwoo. Menyusul kesuksesan acara tersebut, para anggota iKON menggelar jumpa penggemar di Korea, Jepang dan Tiongkok. Pada bulan September, sekitar 40.000 penggemar asal Jepang memperebutkan 2.000 tiket untuk jumpa penggemar di Osaka Tojima River Forum, sementara itu lebih dari terdapat sekitar 50.000 penggemar asal Tiongkok mencoba membeli tiket untuk jumpa penggemar yang dilangsungkan di Beijing. Pada 29 Desember, Mix & Match ditayangkan di saluran CS di Jepang.

Pada 12 Agustus 2014, Winner debut dengan singel “Empty” yang ikut disusun dan ditulis oleh B.I dan Bobby. B.I dan Bobby ikut serta tampil dalam “Born Hater”, singel utama dari album studio ke-8 Epik High yang dirilis pada 18 Oktober 2014. B.I dan Bobby menampilkan “Born Hater” bersama Epik High dan Mino Winner di Mnet Asian Music Awards dan SBS Gayo Daejun 2014. Bobby tampil di lagu ‘YG’s 2nd HIPHOP PROJECT’ “Come Here” bersama rapper senior Masta Wu dan Dok2. Bobby juga tampil di lagu Hi Suhyun yang berjudul “I’m Different”.

Pada 15 Desember 2014, iKON tampil sebagai pembuka konser Big Bang Japan Dome Tour 2014-2015 X. Pada 28 Januari 2015, Billboard mengumumkan iKON sebagai salah satu dari “Top 5 K-Pop Artists to Watch in 2015” di mana iKON merupakan satu-satunya grup dari daftar tersebut yang belum melakukan debut resmi.

2015: Debut dan Welcome Back

Setelah beberapa kali mengalami penundaan, YG Entertainment mengumumkan bahwa debut resmi iKON akan dilakukan pada 15 September 2015. Album debut mereka, Welcome Back, akan dibagi menjadi dua bagian dengan total enam dari dua belas lagu akan menjadi singel utama album ini. Bagian pertama Debut Half Album dijadwalkan untuk dirilis pada 1 Oktober, disusul oleh Debut Full Album pada 2 November. Daftar lagu untuk bagian pertama dirilis pada 24 September. Leader grup, B.I diberi kredit sebagai produser dan ko-komposer untuk semua lagu dalam album ini. Sementara B.I dan Bobby berkontribusi dalam penulisan lirik semua lagu, Junhoe pun turut berpartisipasi dalam pembuatan singel utama “Rhythm Ta”.

iKON debut dengan ‘pra-singel’ “My Type” yang dirilis bersama video musik pada 15 September 2015. Dalam kurun waktu 24 jam semenjak dirilis, video musik “My Type” telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali di YouTube. Meskipun iKON akan baru resmi debut pada 1 Oktober 2015, namun mereka menerima trofi kemenangan pertamanya di acara musik pada 26 September 2015, yakni di MBC Show! Music Core. Pada 24 September, “My Type” meraih triple crown di tangga lagu Gaon dengan meraih posisi nomor 1 di tangga lagu digital, download dan streaming untuk minggu ke-39 tahun 2015. Pada 18 September, singel ini menduduki posisi nomor 1 di tangga video musik situs streaming musik Tiongkok seperti QQ Music dan Youku. iKON juga menjadi topik terhangat di Weibo di mana nama mereka dikabarkan telah dicari sebanyak 1,3 miliar kali.

Debut Half Album dirilis pada 1 Oktober secara digital. Grup menggelar konser pertama mereka, Showtime, pada 3 Oktober di Seoul Olympic Gymnastics Arena yang menampung sekitar 13.000 penggemar. Konser debut mereka tersebut disiarkan secara langsung melalui aplikasi ‘V’ Naver dan ditonton lebih dari 500,000 penonton. Di akhir konser, iKON mengumumkan bahwa ‘iKONIC’ akan menjadi nama klub penggemar resmi mereka.

Pada 4 Oktober, sehari setelah konser debut, grup ini melangsungkan panggung debut pertamanya di SBS Inkigayo dengan membawakan “Rhythm Ta” dan “Airplane”. Pada hari yang sama, iKON menerima trofi kemenangan ketiga mereka di acara musik dengan lagu “My Type”. Pada 8 Oktober, iKON memperoleh kemenangan lainnya dengan lagu “Rhythm Ta” di Mnet M! Countdown. Menurut Tangga Lagu Gaon, iKON memuncaki tangga penjualan album mingguan dengan bagian pertama Welcome Back untuk periode 4–10 Oktober.

Selama bulan Oktober, iKON memulai serangkaian jumpa penggemar di Jepang yang bertajuk “iKONTACT” di Tokyo, Aichi, Fukuoka dan Osaka, serta dihadiri oleh 26.600 penggemar. Pada akhir bulan, iKON meraih MelOn All-Kill Popularity Award dan Debut Half Album – Welcome Back telah terjual sebanyak 82.208 kopi. Pada 28 Oktober, diumumkan bahwa perilisan album penuh akan ditunda sementara dua singel digital tambahan dirilis pada 16 November.

Dua singel digital, “Apology” and “Anthem”, dirilis pada 16 November. “Apology” mengambil posisi nomor 1 di tangga lagu digital Gaon untuk minggu ke-48 tahun 2015. Pada 24 Desember, tiga singel baru berjudul “Dumb & Dumber”, “What’s Wrong?” dan “I Miss You So Bad” dirilis.

2016: Tur Asia dan debut solo Bobby

Pada 17 Maret 2016, YG Entertainment mengumumkan bahwa iKON akan menggelar Tur Asia pertama mereka yang akan berlangsung di Taiwan, Tiongkok, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia.

Pada 30 Mei, grup merilis singel “#WYD” (kependekan dari “What You Doing”). Diumumkan bahwa album mendatang iKON, serta singel resmi pertama Bobby sebagai artis solo akan dirilis pada tahun 2016.

Pada 1 Juli, YG Entertanment mengumumkan bahwa tur arena kedua mereka di Jepang, iKON Japan Tour 2016, diharapkan dapat mengunjungi lima kota dengan total 14 konser dan ditonton oleh 150.000 penggemar.

Pada 10 Agustus, perilisan singel Jepang pertama iKON berjudul DUMB & DUMBER diumumkan. Singel ini akan dirilis pada 28 September berupa versi CD+DVD dan versi CD saja.

Download

Download Lagu Tentang iKON Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang iKON”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *