Musik Lagu Lengkap Tentang Green Day

Tentang Green Day

Green Day adalah band punk rock asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1987 di Berkeley, California. Band ini terdiri dari trio Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool. Green Day sangat diakui karena keberhasilan mereka dalam membuat genre punk rock kembali terkenal, bersama-sama dengan Sublime, The Offspring, dan Rancid.

Pada tahun 1990, bersama dengan drummer pertama mereka, John Kiffmeyer alias Al Sobrante, Green Day merekam album pertama mereka, 39/Smooth. Namun pada tahun yang sama, Tre Cool menggantikan posisi drummer John Kiffmeyer yang keluar karena ingin melanjutkan kuliah. Tré Cool kemudian mulai berkontribusi pada album kedua Green Day, Kerplunk, dan telah menjadi anggota tetap sejak itu. Album terobosan Green Day, Dookie, yang dirilis pada tahun 1994, berhasil mendapatkan status diamond dari RIAA dan membawa Green Day ke puncak karier mereka. Namun, bertolakbelakang dengan Dookie, tiga album Green Day berikutnya, berturut-turut Insomniac, Nimrod, dan Warning, gagal mendapatkan sukses seperti Dookie. Meski Insomniac dan Nimrod berhasil mendapatkan status platinum dan Warning mendapatkan status emas, ketiga album tersebut justru memperlihatkan popularitas mereka yang secara keseluruhan menurun drastis. Adalah album rock opera mereka pada tahun 2004, American Idiot, yang mengembalikan popularitas mereka, terutama dengan penggemar dari generasi yang lebih muda. American Idiot terjual lebih dari 5 juta copy di Amerika Serikat sendiri. Album kedelapan mereka, 21st Century Breakdown, dirilis pada 2009 dan berhasil mendapatkan kinerja chart terbaik sepanjang karier Green Day. Green Day berencana akan merilis album trilogi dalam selang waktu lima bulan terhitung sejak September 2012. Ketiga album tersebut benama ¡Uno!, ¡Dos!, dan ¡Tré!.

Green Day telah menjual lebih dari 65 juta copy album mereka di seluruh dunia dengan 24,639 juta di Amerika Serikat sendiri. Green Day telah memenangkan 5 penghargaan Grammy Awards: Best Alternative Album untuk Dookie, Best Rock Album untuk American Idiot, Record of the Year untuk “Boulevard of Broken Dreams”, Best Rock Album untuk kedua kalinya untuk 21st Century Breakdown dan Best Musical Show Album untuk American Idiot: The Original Broadway Cast Recording.

Sejarah

Pada tahun 1987, sahabat Billie Joe Armstrong dan Mike Dirnt yang berusia 15 tahun membentuk band bernama Sweet Children. Mereka pertama kali tampil pada 17 Oktober 1987 di Rod’s Hickory Pit di Vallejo, California dimana ibu Armstrong bekerja. Pada awal 1988, Armstrong dan Dirnt mulai bekerja dengan Sean Hughes dan mantan drummer Isocracy, John Kiffmeyer, atau juga dikenal sebagai Al Sobrante. Sean Hughes bertindak sebagai bassist dan Kiffmeyer bertindak sebagai drummer sekaligus manajer bisnis mereka, menangani jadwal penampilan dan membantu mereka mendirikan basis pengemar. Seperti dikutip film Punk’s Not Dead, Armstrong menyebutkan band Operation Ivy (yang beranggotakan Tim Armstrong dan Matt Freeman dari Rancid) sebagai pengaruh besar bagi mereka dan menginspirasi mereka untuk membentuk band.

Setelah Hughes meninggalkan Sweet Children pada 1988, Larry Livermore, pemilik Lookout! Records, melihat mereka tampil dan memutuskan mengontrak mereka ke labelnya. Pada 1989, mereka merekam mini album pertama mereka, 1,000 Hours. Sebelum merilis 1,000 Hours, mereka memutuskan untuk berhenti menggunakan nama Sweet Children. Berdasarkan Livermore, hal ini untuk menghindari kerancuan dengan band lokal lain bernama Sweet Baby. Mereka pun memutuskan menggunakan nama Green Day.

Lookout! kemudian merilis album studio perdana Green Day, 39/Smooth, pada awal tahun 1990. Green Day juga merekam 2 mini album pada tahun yang sama, Slappy dan Sweet Children. Pada tahun 1991, Lookout! Records merilis album kompilasi berjudul 1,039/Smoothed Out Slappy Hours yang menggabungkan lagu-lagu dari album 39/Smooth beserta mini album Slappy dan 1,000 Hours. Pada akhir 1990, Segera setelah tour nasional pertama mereka, Sobrante meninggalkan area East Bay untuk kuliah. Drummer The Lookouts, Tre Cool, mulai mengisi sebagai pengganti sementara. Ketika Sobrante memutuskan untuk keluar dari band, posisi Cool sebagai drummer Green Day menjadi permanen. Mereka melakukan tour hampir sepanjang tahun 1992 dan 1993. Mereka bahkan pernah tampil di Eropa. Album kedua Green Day, Kerplunk, yang dirilis pada tahun 1992 berhasil menuai sukses dengan menjual 50.000 copy di Amerika Serikat.

Sukses Dookie (1994–1996)

Kesuksesan terselubung Kerplunk mengarah kepada banyaknya major label yang tertarik untuk mengontrak Green Day. Mereka kemudian meninggalkan Lookout! dan menandatangani kontrak dengan Reprise Records setelah menarik perhatian produser Rob Cavallo. Mereka terkesan dengan hasil kerjanya dengan The Muffs, hingga mereka kemudian menyatakan bahwa Cavallo “adalah satu-satunya orang yang dapat kami ajak bicara dan berhubungan dalam musik”. Adanya kontrak dengan Reprise menyebabkan banyak penggemar punk rock menganggap Green Day melakukan sellout. Mengenai cobaan mereka pada periode tersebut, Armstrong berbicara kepada majalah Spin pada 1999,Kesuksesan terselubung Kerplunk mengarah kepada banyaknya major label yang tertarik untuk mengontrak Green Day. Mereka kemudian meninggalkan Lookout! dan menandatangani kontrak dengan Reprise Records setelah menarik perhatian produser Rob Cavallo. Mereka terkesan dengan hasil kerjanya dengan The Muffs, hingga mereka kemudian menyatakan bahwa Cavallo “adalah satu-satunya orang yang dapat kami ajak bicara dan berhubungan dalam musik”. Adanya kontrak dengan Reprise menyebabkan banyak penggemar punk rock menganggap Green Day melakukan sellout. Mengenai cobaan mereka pada periode tersebut, Armstrong berbicara kepada majalah Spin pada 1999,

“ I couldn’t go back to the punk scene, whether we were the biggest success in the world or the biggest failure … The only thing I could do was get on my bike and go forward.”

Pasca kontrak dengan Reprise, mereka mulai bekerja dengan album mayor perdana mereka, Dookie. Direkam dalam kurun 3 minggu dan dirilis pada Februari 1994, Dookie menuai sukses komersial, terbantu oleh pemutaran MTV yang sangat sering untuk lagu “Longview”, “Basket Case”, dan “When I Come Around”, dimana semua lagu tersebut mencapai posisi 1 di chart Modern Rock Tracks. Pada tahun yang sama, Green Day melakukan tour nasional dengan band queercore Pansy Division sebagai aksi pembuka. Pada penampilan 9 September 1994 di Hatch Memorial Shell di Boston, terjadi kerusuhan saat set mereka (dipotong menjadi 7 lagu) dan ketika kerusuhan tersebut berakhir, 100 orang terluka dan 45 orang ditahan. Green Day juga mengikuti festival Lollapalooza dan Woodstock ’94, dimana mereka memulai perang lumpur. Pada salah satu konser, seorang petugas keamanan salah mengira bassist Mike Dirnt sebagai penggemar yang menaiki panggung dan memukulnya di bagian mulut. Dilihat oleh jutaan pemirsa TV, penampilan Woodstock 1994 semakin mengangkat publisitas Green Day dan membantu mendorong penjualan album mereka ke status diamond. Pada tahun 1995, Dookie memenangkan Grammy Award untuk Best Alternative Album. Mereka juga mendapatkan nominasi atas 9 MTV Video Music Awards termasuk Video of the Year.

Pada 1995, singel baru untuk soundtrack film Angus berjudul “J.A.R.” dirilis. Singel tersebut berhasil menduduki posisi 1 di chart Billboard Modern Rock Tracks. Lagu tersebut kemudian diikuti oleh album studio keempat mereka, Insomniac, yang dirilis pada musim gugur 1995. Album tersebut awalnya mendapat respon hangat, mendapatkan 4 dari 5 bintang dari Rolling Stone. Singel yang dirilis dari Insomniac adalah “Geek Stink Breath”, “Stuck with Me”, “Brain Stew/Jaded”, dan “Walking Contradiction”. Walaupun album tersebut tidak menuai sukses sebesar Dookie, Insomniac terjual sebanyak 2 juta copy di Amerika Serikat. Sebagai tambahan, album tersebut membawa Green Day memenangkan nominasi penghargaan untuk “Favorite Artist”, “Favorite Hard Rock Artist”, dan “Favorite Alternative Artist” pada American Music Awards tahun 1996. Video musik untuk “Walking Contradiction” mendapatkan nominasi Grammy untuk “Best Video, Short Form”, dengan tambahan untuk nominasi “Best Special Effects” di MTV Video Music Awards. Pada 1996, Green Day secara mendadak membatalkan tour Eropa mereka atas alasan kelelahan.

¡Uno!, ¡Dos!, ¡Tré! (2011–sekarang)

Pada leg kedua 21st Century Breakdown World Tour, Green Day mengatakan bahwa mereka sedang dalam proses menulis materi baru. Dalam wawancara dengan majalah Kerrang!, Armstrong berkata tentang kemungkinan album baru, “Kami membuat beberapa demo di Berlin, di Stockholm, beberapa lagi di dekat Glasgow, dan juga di Amsterdam. Kami ingin mengetahui [lagu-lagu tersebut] dalam bentuk awalnya.” Sebelum membawakan lagu “Cigarettes and Valentines” pada salah satu pertunjukan terakhir mereka dalam rangkaian tour di Mountain View, Green Day menyatakan bahwa mereka sedang merekam sebuah album live.

Pada Oktober 2010, Dirnt, dalam wawancara dengan Radio W, menyebutkan bahwa mereka telah menyelesaikan proses penulisan lagu untuk album kesembilan mereka. Dalam wawancara tersebut, Dirnt juga menyebutkan bahwa mereka “sepertinya akan” merilis album live baru dalam waktu dekat. Album live dengan format CD/DVD dan CD/Blu-ray berjudul Awesome as Fuck dirilis pada 22 Maret 2011.

Pada 13 April 2011, rencana versi film dari American Idiot telah ditetapkan. Michael Mayer, sutradara dari American Idiot: Broadway Musical, akan menjadi sutradara film tersebut. Film tersebut juga akan diproduseri oleh Green Day, Pat Magnarella, Tom Hanks, Gary Goetzman, dan Tom Hulce.

Pada 11 Agustus 2011, Green Day tampil dalam sebuah pertunjukan rahasia di Costa Mesa, California dan memainkan set penuh dengan lebih dari 15 lagu baru. Belum dipastikan apakah lagu-lagu tersebut akan muncul dalam album kesembilan mereka, walaupun diketahui salah satu lagu berjudul “Stay the Night” pernah dimainkan setahun sebelumnya saat sesi soundcheck di Dublin. Pada bulan Februari 2012, Armstrong mengumumkan via Twitter bahwa Green Day sedang bekerja di studio untuk proses rekaman materi baru. Pada 24 Februari 2012, Green Day secara berkala mulai mengunggah video dibalik-layar sesi rekaman mereka via YouTube. Pada tanggal 11 April, Billie Joe Armstrong mengumumkan bahwa Green Day akan merilis album trilogi berjudul ¡Uno!, ¡Dos!, dan ¡Tré!. Armstrong juga menyatakan bahwa album-album tersebut berturut-turut akan dirilis pada 25 September 2012, 13 November 2012, dan 15 Januari 2013. Pada 14 Juni 2012, Green Day merilis sampul album resmi ¡Uno! melalui YouTube, diikuti sampul album resmi ¡Dos! pada tanggal 22 Juni 2012.

Diskografi

39/Smooth (1990)
Kerplunk (1992)
Dookie (1994)
Insomniac (1995)
Nimrod. (1997)
Warning: (2000)
American Idiot (2004)
21st Century Breakdown (2009)
¡Uno! (2012)
¡Dos! (2012)
¡Tré! (2013)
Revolution Radio (2016)

Download

Download Lagu Tentang Green Day Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang Green Day”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *