Musik Lagu Lengkap Tentang F(x)

Tentang F(x)

F(x) adalah grup vokal asal Korea Selatan yang dibentuk oleh S.M. Entertainment. Awalnya grup ini beranggotakan limaorang yang terdiri dari Victoria, Luna, Amber, Sulli, dan Krystal. Namun pada tahun 2015 Sulli secara resmi telah meninggalkan grup. Nama grup adalah plesetan dari notasi matematika untuk fungsi, dan ketika input dengan berbeda ‘x’, akan ada hasil yang berbeda. F singkatan flower dan x merupakan kromosom X. f(x) berusaha untuk menjadi grup yang dapat berubah dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Anggota kelompok juga telah dijuluki “function girls”. Kelompok ini membuat debut mereka pada tanggal 1 September 2009 dengan merilis digital single “La Cha Ta” (digayakan “LA cha TA”).

Sejarah

Sejarah Pra-debut

Krystal Jung pertama kali ditemukan oleh SM Entertainment pada tahun 2000 dalam sebuah kunjungan keluarga ke Korea, yang meraih gelar peran kecil di sebuah segmen pendek “Wedding March” video musik Shinhwa. Sulli Choi debut pertamanya sebagai aktris pada tahun 2005 ketika dia dipilih untuk berperan sebagai Princess Sun-hwa di drama televisi SBS, The Ballad of Seo-dong. Pada tahun 2006, SM Entertainment merekrut Luna setelah melihat penampilannya di program televisi SBS, “Truth Game”. Victoria Song ditemukan oleh SM Entertainment saat ia mengikuti kompetisi tari Beijing dan kemudian bergabung dengan perusahaan. Dua bulan kemudian, Amber Liu dimasukkan melalui SM’s Global Audition di Los Angeles, California, di mana dia adalah satu dari dua orang (satu laki-laki) dipilih untuk menjadi trainee.

2009: Debut, Album pertama dan Kolaborasi

SM pertama merilis preview teaser f(x) melalui YouTube pada tanggal 24 Agustus, memperkenalkan mereka sebagai “Grup Dance Pop Asia.” Selama lima hari, individual dirilis informasi melalui portal berita dan diposting gambar masing-masing anggota di website resmi SM Town, dimulai dengan Sulli anggota dari Korea pada tanggal 26 Agustus, anggota dari Taiwan-Amerika Amber pada tanggal 27 Agustus, anggota dari Korea-Amerika Krystal pada 28 Agustus, anggota dari Korea Luna pada 29 Agustus, dan terakhir anggota dari Cina Victoria pada 30 Agustus.

Pada tanggal 1 September singel pertama kelompok “La Cha Ta” (digayakan “LA cha TA”) dirilis secara digital. Setelah penampilan pertama mereka di Samseong-dong Fashion Center pada 2 September, video musik diputar dan dirilis secara online pada hari berikutnya. Pertama siaran langsung “La Cha Ta” diselenggarakan di acara musik MBC, Show! Musik Core pada tanggal 5 September.

Pada 7 Oktober, f(x) merilis versi electro-pop dari singel digital “Chocolate Love”, bersama dengan labelmate mereka, Girls’ Generation.[3] Singel ini dirilis untuk promosi 4th edition Blacklabel series dari LG CYON phone, LG Chocolate (BL40).

Pada 9 November, f(x) merilis album singel pertama mereka, Chu~♡, terdiri dari 3 lagu.

Pada 19 dan 20 Desember, f(x) menjadi special guest di konser pertama Girls’ Generation, The 1st Asia Tour: Into the New World di Olympic Fencing Gymnasium.

2010: Nu ABO, hiatus Amber, dan SMTown World Tour

Pada 2 Januari, mereka merilis track Cina, “Lollipop”, versi cover dari lagu “Lollipop” tahun 1958 dan liriknya ditulis oleh Julius Dixson dan Beverly Ross, mereka berkolaborasi dengan boyband M.I.C untuk mempromosikan telepon genggam LG Cyon. Video musik dirilis secara digital pada 12 Januari 2010.

Pada 27 dan 28 Februari, mereka menjadi special guest lagi untuk konser Into the New World di Olympic Fencing Gymnasium.

Pada 4 Mei, f(x) merilis EP yang berjudul Nu ABO yang terdiri dari 6 lagu. Singel pemimpin, “Nu ABO”, menjadi teratas di chart portal musik Monkey3, Dosirak and Bugs. Lagu ini juga berhasil mencapai Gaon Chart. Video musik dirilis pada 6 Mei. Mereka melakukan comeback di KBS Music Bank pada 7 Mei, MBC Music Core pada 8 Mei, dan SBS Inkigayo pada 9 Mei.

Amber melanjutkan hiatus pada Juni karena cedera pergelangan kaki. Kegiatan kelompok sisa tahun 2010 dilakukan tanpa dia.

Pada tanggal 17 Juli, kelompok ini mulai menampilkan singel berikutnya promosi mereka, “Mr Boogie”, dari EP mereka, Nu ABO. Mereka memiliki penampilan pertama mereka untuk lagu pada MBC Music Core.

f(x) berpartisipasi dalam konser SMTown Live ’10 World Tour dengan labelmate mereka di Seoul Jamsil Olympic Stadium. Mereka tampil di Tokyo, Shanghai, Los Angeles, dan Paris (2011) dijadwal lain. Ini pertama kalinya f(x) tampil konser di luar Asia.

Pada 24 November 2010, Avex Entertainment, disebut SM Entertainment Jepang, merilis sebuah pernyataan tentang perpanjangan kontrak seniman SM menandatangani kontrak dengan Avex. Ini menyatakan bahwa f(x) kini menandatangani kontrak dengan Avex, dan album yang akan dirilis di bawah label di Jepang, Taiwan, Cina dan Hongkong.

2011: Pinocchio dan Hot Summer

Hal itu disampaikan oleh SM Entertainment yang Amber kembali dari Amerika Serikat setelah cuti panjang sejak Juni 2010 dan bahwa f(x) berencana untuk merilis album studio pada awal tahun.

Teaser foto pertama untuk album studio Pinocchio dirilis pada 7 April 2011 di website resmi f(x). Teaser MV untuk singel “Pinocchio (Danger)” (remake dari “Razor” oleh Kristina Elezaj), Dirilis pada 15 April 2011. Album ini dirilis pada 20 April 2011 dan comeback pertama digelar di acara musik Korean Broadcasting System Music Bank pada 22 April 2011.

Mereka memenangkan 8 penghargaan acara musik untuk acara musik, M! Countdown, Music Bank, dan Inkigayo.

Pada 8 Juni, diumumkan bahwa f(x) akan merilis repackage dari album Pinocchio, yang berjudul Hot Summer pada tanggal 14. Repackage ini berisi 10 lagu dari album sebelumnya dan lagu baru yang berjudul “Hot Summer” (remake dari lagu Monrose yang berjudul “Hot Summer”, liriknya ditulis oleh Thomas Troelsen dan Remee), yang juga menulis untuk OST “Paradise Rinch” dan singel digital “Chu~♡” dan “La Cha Ta”.

Pada Agustus 2011, f(x) merilis OST yang disebut “Garagabana” untuk permainan online “Bust-a-Move”.

Pada 13 Desember 2011, mereka merilis lagu berbahasa Inggris yang berjudul “1, 2, 3” yang merupakan bagian dar album 2011 Winter SMTown – The Warmest Gift.

2012: Electric Shock dan Debut Jepang

Hal ini dikonfirmasikan bahwa f(x) akan melakukan comeback pada bulan Juni atau Juli. Setelah itu, pada tanggal 5 Juni, SM Entertainment mengonfirmasikan bahwa f(x) akan melakukan merilis EP baru yang berjudul Electric Shock di situs iTunes pada 10 Juni 2012. Pada 5 Juni, SM Entertainment merilis foto teaser Krystal untuk comeback EP. Di hari selanjutnya, SM Entertainment merilis foto Victoria dan Sulli. Di hari selanjutnya, SM Entertainment merilis cover album dan foto teaser M! Countdown. Pada 8 Juni, SM Entertainment merilis foto teaser Luna dan Amber. Seiring pada hari itu, SM Entertainment merilis teaser video Electric Shock. Pada 10 Juni 2012, f(x) merilis album mini mereka Electric Shock. f(x) mulai melakukan promosi di Mnet M! Countdown pada 14 Juni dan juga membawakan lagu “Jet” sebagai bagian dari comeback mereka. f(x) juga melakukan promosi di berbagai acara musik seperti, KBS Music Bank, SBS Inkigayo dan MBC Music Core.

Mereka akan mulai dengan merilis track hits “Hot Summer” pada pertengahan Agustus. Trackk telah dipilih sebagai lagu latar belakang CM untuk Uminoie Resort, memberikan fans di Jepang track lagu pertama yang spunky. Pada tanggal 27 Juni 2012, situs resmi Jepang f(x) dibuat. f(x) menyelesaikan prmosi Electric Shock pada tanggal 15 Juli. Dan mulai untuk mempersiapkan debut mereka di Jepang. Perwakilan SM Entertainment mengatakan, “Meskipun kami tidak keluar dengan jadwal yang belum pasti, kami akan mempersiapkan f(x) untuk debut resmi mereka di Jepang pada paruh kedua tahun ini.” Lanjut mereka untuk memastikan penggemar f(x) di Korea, “f(x) akan menghadiri kegiatan Korea sesekali bersama kegiatan Jepang.” Pada 31 Juli, Avex merilis PV pendek untuk versi Jepang dari Hot Summer yang juga merupakan singel debut Jepang f(x). Dan pada 4 Agustus, PV penuhnya dirilis.

2014: Red Light dan Hiatus Sulli

f(x) merilis album baru dengan konsep seksi dan misterius di album Red Light.

Selama promosi album Red Light, Sulli memutuskan untuk hiatus dan membuat promosi album selesai lebih awal. Promosi hanya berlangsung selama 3 minggu.

2015-sekarang: Summer Special dan hengkangnya Sulli

Pada 7 Agustus 2015, setelah hiatus kurang lebih 14 bulan SM Entertainment mengumumkan bahwa Sulli sudah bukan lagi member f(x).

Download

Download Lagu Tentang F(x) Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang F(x)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *