Musik Lagu Lengkap Tentang Epik High

Tentang Epik High

Epik High adalah grup hip hop alternatif asal Korea Selatan yang terdiri dari Tablo, Mithra Jin dan DJ Tukutz. Grup ini dikenal karena menggabungkan berbagai gaya hip hop dengan beragam genre musik, serta kolaborasi bersama banyak musisi pada setiap album mereka. Epik High sempat hiatus pada tahun 2009-2012 saat anggotanya menjalankan wajib militer. Pada 25 Juli 2012, YG Entertainment mengumumkan bahwa Mithra Jin dan DJ Tukutz akan bergabung di bawah label ini, menyusul Tablo yang sudah lebih dulu menandatangani kontrak dan mengeluarkan album solo di bawah YG. Grup ini kembali dengan album studio ketujuh mereka, 99, pada 23 Oktober 2012.

Perjalanan karier

2003-2005: Awal Karier

Epik High relatif kurang dikenal pada awal karier mereka karena kurang populernya musik hip hop di Korea saat itu. Mereka tampil bersama grup lainnya seperti CB Mass untuk memperoleh ketenaran di kancah hip hop bawah tanah. Mereka juga menjadi anggota “Movement Crew”, salah satu kumpulan musisi hip hop terbesar di Korea Selatan. Album debut mereka, Map of the Human Soul dirilis pada tahun 2003, namun album ini tidak begitu sukses. Mereka mulai mendapatkan perhatian publik setelah dirilisnya album kedua mereka yang berjudul High Society.

2005-2007: Swan Songs

Album ketiga Epik High, Swan Songs, awalnya dimaksudkan untuk menjadi album terakhir Epik High setelah performa buruk dua album pertama mereka. Namun, album ini meraih kesuksesan besar di kancah musik Korea dan menjadikan Epik High sebagai salah satu grup hip hop paling populer di Korea. Singel utama album ini, “Fly” dan “Paris”, menjadi lagu hit di Korea dan meraih posisi nomor 1 di berbagai tangga lagu Korea. “Fly” juga terpilih untuk soundtrack permainan video FIFA 07 dan Pump It Up.

Album ini kemudian dikemas ulang pada tahun 2006 sebagai Black Swan Songs yang berisi remix dari lagu-lagu hit mereka.

2007: Remapping the Human Soul

Album keempat mereka, Remapping the Human Soul, dirilis pada 23 Januari 2007. Album ini awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada Oktober 2006, nmun ditunda hingga tahun 2007. Singel utama, “Fan”, dan “Love Love Love” menjadi hits besar di Korea. Di samping kedua singel tersebut, isi lagu dalam album ini dikenal lebih kelam dan mengandung lebih banyak konten dewasa dibandingkan dengan album-album sebelumnya. Beberapa lagu di album ini dilarang di beberapa saluran karena berhubungan dengan kejahatan seksual, perang, pendidikan dan topik agama. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata berusaha menghentikan penyiaran album ini di radio seperti yang dinyatakan oleh Tablo dalam sebuah wawancara dengan The Korea Times. Album ini terjual hampir 90.000 kopi pada bulan pertama. Selain itu, ketenaran Epik High melesat di Jepang dengan lagu “Flow” yang dinyanyikan bersama Emi Hinouchi. Mereka juga diminta untuk membuat versi remake dari lagu “Fly” serta “Paris”, sehingga mereka merilis sebuah sampel CD di Jepang. Album ini terjual sebanyak 120.301 kopi pada tahun itu dan menjadi album terlaris ketiga pada tahun 2007 di Korea Selatan.

2008: Awal kesuksesan Pieces Part One dan album mini pertama Lovescream

Pra-pemesanan untuk album studio kelima, Pieces, Part One, terjual sebanyak 50.000 kopi. Singel pertama “One” dirilis bersamaan dengan video musik yang menampilkan Jisun dari Loveholic dan aktris Jung Ryeo-won. Setelah “One”, video musik untuk “Breakdown” dan “Umbrella” ikut dirilis.

Setelah kesuksesan Pieces, Part One, Epik High merilis sebuah album mini berjudul Lovescream. Ini merupakan album mini pertama mereka sejak debut mereka pada tahun 2003. Album ini dirilis pada 30 September 2008. Teaser album ini dirilis di situs web Epik High dan menarik perhatian karena terbuat dari gambar animasi abstrak daripada aktor sungguhan. Album mini ini memperoleh kesuksesan besar dan singel utama “1 Minute 1 Second” menduduki posisi puncak tangga lagu online.

2009: Map the Soul

Awal tahun 2009, Epik High berpisah dengan label lama mereka Woollim Entertainment, dan mendirikan Map The Soul, sebuah label rekan independen yang terdiri dari Epik High, MYK, Planet Shiver dan Dok2.

Karya ketujuh Epik High, sebuah album buku berjudul 魂: Map the Soul, dirilis pada 27 Maret 2009. Independen sepenuhnya dari label besar, album buku ini didistribusikan secara eksklusif di situs Epik High. Mereka mengerjakan album ini dibantu oleh musisi lainnya, seperti MYK, Kero One dan Beatbox DG. Tablo secara spesifik menyatakan bahwa 魂: Map the Soul bukanlah album resmi keenam Epik High, melainkan sebuah proyek spesial. Pada 19 Mei 2009, mereka merilis video musik untuk “Map the Soul”. Untuk merayakan perilisan pertama di bawah label independen mereka sendiri dan untuk berinteraksi dengan para penggemar, Epik High melakukan tur ke Jepang dan tampil di Melon Ax di Seoul, Korea bersama Kero One dan MYK. Setelah itu, mereka melakukan tur ke berbagai kota di Amerika Serikat, seperti New York City, Los Angeles, San Francisco dan Seattle bersama Dumbfoundead, Kero One, MYK dan Far East Movement pada Mei 2009.

Pada 22 Juli 2009, Epik High bersama grup elektronika Planet Shiver, bergabung dan merilis sebuah album yang berisi lagu hits lama mereka yang sudah di-remix, rekam ulang, dan master ulang berjudul Remixing the Human Soul.

Pada 14 Agustus 2009, anggota Epik High, Tablo mengungkapkan dalam blognya bahwa mereka sedang mengerjakan album baru berjudul [e]. Lalu pada 16 September 2009, album keenam Epik High, (e)], dirilis. Album ini berisi 30 lagu dalam 2 CD dan sebuah buku mini 74 halaman yang di dalamnya terdapat wawancara dan foto setiap anggota. Tur Korea dimulai pada 19 September sesaat setelah album dirilis. Singel pertama untuk [e] adalah “따라해 (Wannabe)” yang dinyanyikan bersama Mellow dan merupakan sebuah lagu pop elektro yang mengkritik tren K-pop masa kini. Sebuah video musik dirilis untuk singel berikutnya yang berjudul “Trot” dan “High Technology”. Pada 6 Desember 2009, sebuah video musik yang menampilkan adegan dari film No Mercy dirilis dengan lagu “Slow Motion”.

2012: YG Entertainment dan 99

Pada tahun 2012, terungkap bahwa DJ Tukutz dan Mithra Jin sudah tidak lagi bernaung di bawah Woollim Entertainment. YG Entertainment mengumumkan pada tanggal 25 Juli, “Epik High dan YG telah menjalin kontrak dan mengumumkan album baru. Kami telah selesai rekaman dan berencana untuk merilis album September ini.” Pada 26 September 2012, YG merilis sebuah foto teaser yang mengatakan bahwa Epik High akan melakukan comeback pada bulan Oktober, setelah hiatus selama tiga tahun sebagai sebuah grup.

Pada 8 Oktober, grup ini merilis lagu pertama mereka setelah vakum tiga tahun berjudul “It’s Cold” yang menampilkan finalis ajang pencarian bakat SBS K-pop Star, Lee Ha Yi. Pada 19 Oktober, YG Entertainment dan Epik High merilis dua video musik baru untuk lagu “Up (ft. Park Bom 2NE1)” dan “Don’t Hate Me.” Epik High merilis 99 sebagai album studio ketujuh mereka pada 19 Oktober (format digital) dan 23 Oktober (format CD fisik). Album fisik memiliki dua lagu tambahan yang tidak terdapat di album digital.

Pada 30 Desember 2012, saat SBS Gayo Daejun mereka bergabung bersama Dynamic Duo dan Simon D untuk “Cypher 2012”, sebuah remix lagu-lagu hip-hop populer tahun itu.

2013-kini: Hari Jadi ke-10 dan Shoebox

Pada 23 Oktober 2013, Epik High merilis singel “420” untuk merayakan Hari Jadi mereka yang ke-10. Lagu ini menampilkan banyak rapper seperti Double K, Yankie, Dok2, Sean2Slow, Dumbfoundead, TopBob, dan MYK.

Epik High merilis singel “With You” pada 18 Mei 2014. Lagu ini merupakan rekam ulang dari lagu “Fool” dari album mereka yang sebelumnya, Epik High, sebagai kolaborasi antara Epik High dengan penyanyi Tiongkok, Bibi Zhou. Bagian yang aslinya dinyanyikan dalam bahasa Korea oleh Bumkey digantikan dengan vokal Zhou dan lirik baru dalam bahasa Inggris.

Pada 12 Oktober, YG Entertainment mengumumkan bahwa Epik High akan segera comeback dengan album studio kedelapan mereka, Shoebox. Pada 18 Oktober, trio ini merilis sebuah video musik dengan rating 19+ untuk lagu pra-rilis mereka, “Born Hater”, yang menampilkan banyak seniman hip hop, seperti Beenzino, Verbal Jint, Song Min-ho dari grup WINNER, serta B.I dan Bobby dari grup iKON. Awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada 17 Oktober, namun perilisan video musik ini ditunda untuk menghormati tragedi Pangyo Techno Valley Festival. Video musik untuk singel utama “Spoiler” dan “Happen Ending” dirilis bersamaan dengan peluncuran album pada 21 Oktober

Download

Download Lagu Tentang Epik High Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang Epik High”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *