Musik Lagu Lengkap Tentang Aiko

Tentang Aiko

Aiko (アイコ?) (lahir di Prefektur Osaka, Jepang, 22 November 1975; umur 42 tahun) adalah penyanyi dan pencipta lagu Jepang. Nama aslinya adalah Aiko Yanai (柳井 愛子 Yanai Aiko?). Sosok tubuhnya mungil, tinggi badan 151 cm, ukuran sepatu 35½ (sistem Eropa) atau 21,5 (sistem Jepang). Kegemarannya antara lain berenang, mengemudi mobil, mandi berendam, dan membaca manga.

Lahir dan besar di Prefektur Osaka, aiko lulus dari Akademi Musik Osaka jurusan musik pop dan vokal tahun 1996. Sebagai penyanyi, namanya ditulis sebagai “aiko” (seluruhnya dalam huruf kecil). Akibat kesalahan sewaktu mendaftarkan nama ke JASRAC, namanya sebagai pencipta lagu dan penulis lirik ditulis sebagai “AIKO” (semuanya huruf besar). Baby Peenats (“peenats” bukan “peanuts”) adalah nama klub penggemar aiko.

Perjalanan karier

Aiko memulai karier di dunia musik pada tahun 1996 dengan menjadi DJ di radio FM Osaka. Tahun berikutnya, aiko merilis singel “astral box” dengan label indie. Singel perdana dengan label mayor adalah “Ashita” yang dirilis tahun 1998. Singel tersebut menjadi lagu tema film horor Shinsei Toire no Hanako-san. Lagu tersebut menarik perhatian pendengar radio FM di wilayah Kansai. Pertunjukan “Love like Pop!” merupakan konser solo pertamanya yang diadakan di Aula Boomin Esaka, Osaka.

Singel pertama yang menjadi hit adalah “Hanabi”, dan terus bertahan di tangga lagu selama 19 minggu. Hasilnya, aiko tampil untuk pertama kalinya dalam acara Music Station. Lagu-lagunya menjadi sering sekali diputar oleh radio FM di seluruh Jepang. Sebagian besar lirik lagunya adalah tentang perasaan cinta di hati wanita. Aiko sendiri menyebut dirinya sebagai “pecandu cinta” (renai junkie). Namanya mulai dikenal orang berkat gaya busana dan gaya berbicara dalam dialek Kansai yang menarik perhatian.

Album kedua, Sakura no Ki no Shita yang dirilis tahun 2000 langsung masuk di urutan kedua tangga album Oricon, dan berhasil naik ke urutan pertama. Menurut data Oricon, album tersebut laku 1 juta 400 ribu keping. Singel “Boyfriend” yang dirilis pada tahun yang sama, langsung duduk di urutan ke-2 tangga singel Oricon, dan terjual 520 ribu keping. Pada tahun yang sama, aiko dipilih untuk tampil dalam acara malam tahun baru NHK Kōhaku Uta Gassen.

Setelah tur keliling “Love Like Pop Vol. 6” dimulai, sebagian dari jadwal tur harus diubah karena aiko menderita radang pita suara. Pada akhirnya, tur bisa diselesaikan dengan pertunjukan tambahan yang dilangsungkan Tokyo International Forum. Tahun berikutnya, aiko kembali melakukan tur keliling. Kali ini diberi nama “Love Like Rock Vol. 1”, dan hanya terdiri dari 6 pertunjukan di tiga kota, Tokyo, Nagoya, dan Osaka.

Pada tahun 2003, aiko tampil sebagai bintang iklan televisi kopi susu Glico Cafe-Ole. Masih pada tahun yang sama, aiko mengadakan konser arena terbuka yang pertama, “Love Like Aloha Vol. 1” yang diadakan di Pantai Katase Enoshima (Prefektur Kanagawa), 30 Agustus 2003. Dua bulan berikutnya (31 Oktober 2003), aiko tampil pertama kalinya dalam panggung mahasiswa yang disebut Aoyama Matsuri di Universitas Aoyama Gakuin, Tokyo.

Buku pertama dari aiko terbit tahun 2005, berupa otobiografi berjudul aiko bon. Isinya mengungkap tuntas kehidupannya mulai dari masa kecil, remaja, hingga menjadi artis.

Aiko berturut-turut menempati urutan pertama dalam daftar artis favorit penggemar versi Oricon tahun 2005 dan tahun 2006. Pada 30 Agustus 2006, aiko mengadakan konser arena terbuka di Pantai Chigasaki Southern (Prefektur Kanagawa) yang dihadiri sekitar 25 ribu penonton, padahal pertunjukan ini hanya diumumkan di situs web aiko.

Setelah tidak pernah tampil di Fukuoka, aiko untuk pertama kalinya konser di Fukuoka dalam rangkaian tur keliling “Love Like Pop Vol.10”. Di Fukuoka, aiko tampil di gedung Marine Messe Fukuoka pada 17 Januari 2007. Pertunjukan penutup diadakan di Yokohama Arena yang juga belum pernah menjadi arena konser aiko sebelumnya.

Pertunjukan aiko sering menggunakan nama “Love Like”, misalnya “Love Like Pop” yang pernah diadakan sebanyak 10 kali, “Love Like Rock” (3 kali), dan “Love Like Aloha” (2 kali). Kata “Love Like” berasal dari namanya sendiri, aiko. Translasi literal dari namanya bila ditulis dalam aksara kanji 愛好 adalah “Love Like”.

Download

Download Lagu Tentang Aiko Disini

0 thoughts on “Musik Lagu Lengkap Tentang Aiko”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *